Beradu Kompetensi di Pekan Olahraga dan Sains Santri Jawa Barat

Sabtu, 21 September 2019 20:39 Erni Nur'aeni Ponpes

Beradu Kompetensi di Pekan Olahraga dan Sains Santri Jawa Barat


Koropak.co.id - Pekan Olahraga Seni dan Sains Santri Wajardikdas (Porsswada) Tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan di Stadion Wiradadaha Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (21/9/2019), diikuti 17 kontingen yang berasal dari berbagai daerah se-Jawa Barat.

Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Abu Bakar Sidik, M.Ag, mengatakan pekan olahraga ini diikuti para santri yang belajar di pesantren kesetaraan agar mereka memiliki prestasi di bidang lain, tidak hanya di bidang keagamaan saja.

"Kita inginkan mereka tidak hanya mempunyai potensi di bidang keagamaan saja namun olahraga, seni dan sain pun harus diasah, sebagai dorongan agar mereka lebih bersemangat meraih cita-cita," ujarnya

 

Koropak.co.id - Beradu Kompetensi di Pekan Olahraga dan Sains Santri Jawa Barat (2)

 

Meskipun para santri ini mengabdikan diri selama 24 jam mengaji, namun dengan adanya pesantren kesetaraan tersebut, mereka dapat melanjutkan jenjang ke tingkat selanjutnya.

"Hanya saja disayangkan, dikarenakan padatnya aktivitas pesantren, sehingga belum semua pesantren ikut berpartisipasi di Porsswada ini," ucapnya.

Kepala Sub Direktorat Pendidikan Kesetaraan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesanten Kemenag RI Rahmawati S,Psi,MM menuturkan ke depan semua pesantren di Jawa Barat, termasuk di Tasikmalaya bisa menjadi pesantren kesetaraan.

"Kegiatan Porsswada ini kami maksudkan bukan sekedar mengasah kompetensi santri, namun juga menjadi ajang silaturahmi antar ponpes yang ada di tiap kota di Jawa Barat khususnya di Tasikmalaya yang dikenal dengan sebutan Kota Santri dan Kota Seribu Pesantren," katanya.*