Wow! Laki-Laki Juga Harus Paham Proses Menstruasi Perempuan

Jum'at, 20 September 2019 16:47 Erni Nur'aeni Ponpes

Wow! Laki-Laki Juga Harus Paham Proses Menstruasi Perempuan


Koropak.co.id - Menstruasi merupakan hal alami terjadi pada seorang perempuan yang memasuki masa remaja, biasanya dimulai pada usia 16 tahun. Pembekalan pemahaman tentang menstruasi sangat penting guna mengubah paradigma bahwa menstruasi itu dianggap tabu sehingga orang yang baru mengalami masa menstruasi tersebut merasa takut untuk bercerita kepada orangtua atau teman-temannya.

Demikian disampaikan Fasilitator Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) Kota Tasikmalaya Wini Indriyani saat dikonfirmasi Koropak, Jumat (20/9/2019) saat kegiatan sosialisasi mengenai menstruasi serta sanitasi pembuangan pembalut, di Pondok Pesantren Sulalatul Huda yang beralamat di Gang Bojongsari, Tugujaya Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (19/9/2019).

"Di sini kebanyakan mesntruasi masih dianggap tabu. Bahkan menceritakan ke orangtuanya saja cenderung tidak mau," kata Wini.

 

Koropak.co.id - Wow! Laki-Laki Juga Harus Paham Proses Menstruasi Perempuan (2)

 

Baca : Kiat Kurangi Nyeri Haid

Dalam sosialisasi tersebut, kata Wini, tidak hanya disampaikan edukasi mengenai menstruasi, namun juga dari segi sanitasi pembersihan pembalut yang baik dan benar, serta mengurangi perundungan terhadap perempuan yang sedang menstuasi.

"Sosialisasi ini merupakan bentuk pemahaman kepada para remaja yang belum mengalami menstruasi sebagai pembekalannya kelak saat mereka mengalami menstruasi. Ada beberapa kasus perundungan terhadap anak perempuan yang sedang menstruasi oleh temannya sampai-sampai ia tidak ingin bersekolah," ujarnya.

Oleh sebab itu, ucap Windi, sosialisasi ini pun tidak hanya diperuntukkan bagi kaum perempuan saja, laki-laki pun harus mengetahui perubahan seorang perempuan ketika sedang mengalami menstruasi.

"Untuk mengurangi kasus perundungan, anak laki-laki pun harus mengetahui mengenai siklus menstruasi, karena suatu saat mereka akan menjadi seorang ayah," kata Wini.

Wini berharap dengan adanya sosialisasi siklus menstruasi yang turut melibatkan anak laki-laki, dapat mendorong anak laki-laki memperlakukan perempuan yang sedang menstruasi dengan baik. Kemudian bagi perempuan, diharap dapat lebih menjaga kebersihan saat menstuasi.*

 

Baca pula : Jerawat Saat Menstruasi? Ini Solusinya