Titin Sertiatin : Musikalisasi Puisi Adalah Ekspresi Rasa

Rabu, 18 September 2019 12:13 Erni Nur'aeni Sosok

Titin Sertiatin : Musikalisasi Puisi Adalah Ekspresi Rasa


Koropak.co.id - Pendiri Teater 28 Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Titin Sertiatin menilai mahasiswa Unsil dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater 28 Unsil mempunyai kreativitas serta inovasi untuk unjuk gigi melalui musikalisasi puisi sebagai langkah mengawali Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia (GBBSI).

Demikian disampaikan Titin saat berbincang bersama Koropak, Selasa (17/9/2019). Dikatakan Titin, dalam musikalisasi puisi, perlu melibatkan rasa dan jiwa agar dapat menghadirkan ruh dari setiap naskah yang ditampilkan.

Termasuk karya-karya yang Titin ciptakan yang sering dibawakan UKM Teater 28 Unsil, salah satunya melalui pertunjukkan Musikalisasi Puisi HUT ke-29 Teater 28 Unsil yang digelar di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Jalan Lingkar Dadaha Nomor 18 Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Sabtu (14/9/2019) lalu.

 

Koropak.co.id - Titin Sertiatin  Musikalisasi Puisi Adalah Ekspresi Rasa (2)

 

Baca : Teater 28 Unsil Pacu Apresiasi Atas Setiap Karya Seni

 

"Karya yang saya ciptakan merupakan ekspresi rasa, mulai galau, sukar, kesal dan lainnya yang dituangkan ke dalam sebuah tulisan puisi. Memang ada rasa haru juga mengadakan musikalisasi ini meskipun karya saya masih jauh dari lainnya, namun puisi ini adalah suatu ekspresi rasa dalam kehidupan saya," ujarnya.

Dari rasa yang dimiliki, ucap Titin, tentunya harus terus diasah agar jiwa dari karya tersebut bisa diresapi.

"Contohnya karya saya dengan tema reuni. Intinya meskipun kita sudah tidak bertemu dalam waktu yang sangat lama, namun tetap yakin bahwa rasa dapat menyatukan kita," katanya.

Titin berharap dengan musikalisasi puisi, UKM Teater 28 Unsil dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Diksastrasia bisa tumbuh menjadi insan HEBAT, yang artinya Humanis, Education, Behavior, Active, dan Tanggungjawab.*

 

Baca pula : UKM Teater 28 Tasikmalaya Jalin Silaturahmi Lewat Kreasi Seni