Pemkab Garut Alokasikan Rp 2,4 Milyar Untuk Standardisasi Kepala Sekolah

Selasa, 10 September 2019 05:51 Dedi Sofwan NewSmart

Pemkab Garut Alokasikan Rp 2,4 Milyar Untuk Standardisasi Kepala Sekolah

 

Koropak.co.id - Bupati Garut, Rudy Gunawan secara resmi membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah se-Kabupaten Garut yang berlangsung di Aula Kamojang Hotel Augusta, Jalan Raya Cipanas, Garut, Jawa Barat, Senin (9/9/2019).

Kepada Koropak, Bupati Rudy mengatakan saat ini kepala sekolah wajib mempunyai standar kompetensi yang telah diatur oleh Permendikbud Nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

"Kalau tidak mempunyai standar kompetensi maka akan berpengaruh terhadap pencairan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan sertifikasi. Sekolah tersebut tidak akan mendapatkan BOS dan sertifikasi," ucapnya.

Oleh sebab itu, ucap Bupati Rudy, Pemkab Garut telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 2,4 milyar agar semua kepala sekolah yang ada di Kabupaten Garut mempunyai standar kompetensi, mulai kompetensi profesional, pedagogik, sosial, personal hingga kewirausahaan.

"Targetnya tahun 2019 semua kepala sekolah tuntas mengikuti pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Pemkab Garut Alokasikan Rp 2,4 Milyar Untuk Standardisasi Kepala Sekolah (2)

 

Baca : Puluhan Dosen Ikuti Bimtek Dasar Teknis Instruksional

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong menjelaskan ada 946 kepala sekolah yang mengikuti pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah, meliputi Kepala TK 283 orang, Kepala SD 540 orang, dan Kepala SMP 126 orang.

"Tujuan dari kegiatan pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah agar kepala sekolah mampu memimpin, mengelola, dan menjalankan tugasnya dengan baik. Termasuk menjalankan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan serta suvervisi guru dan tenaga kependidikan," katanya.

 

 Koropak.co.id - Pemkab Garut Alokasikan Rp 2,4 Milyar Untuk Standardisasi Kepala Sekolah (3)

 


Kepala sekolah, ucap Totong, juga harus bisa mengembangkan dan meningkatkan mutu sekolah berdasarkan delapan standar nasional pendidikan. Diharapkan agar para kepala sekolah bisa menguatkan marwah kinerjanya, karena Pemkab Garut telah begitu memperhatikan dalam pengembangan SDM Pendidikan melalui penguatan dan rekrutmen kepala sekolah yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.

"Para kepala sekolah juga harus memiliki tekad dan itikad yang kuat untuk dapat membangun, memelihara dan merawat sekolahnya agar lebih baik lagi," tuturnya.*

 

Baca pula : Generasi Penerus Bangsa Diharap Isi Kemerdekaan Dengan Prestasi