Pencak Silat Kadisdik Cup 2019, Jaring Bibit Atlet Baru

Minggu, 08 September 2019 21:56 Dedi Sofwan NewSmart

Pencak Silat Kadisdik Cup 2019, Jaring Bibit Atlet Baru

 

Koropak.co.id - Sebanyak 140 pelajar meramaikan kejuaraan Pencak Silat Kadisdik Cup antar pelajar tingkat SD-SMP se-Kabupaten Garut yang berlangsung di Kampus SMA/SMK Gilang Kencana, Jalan Ciledug Nomor 227/251, Garut, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019).

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Garut, R Yusup Satria Gautama saat dikonfirmasi Koropak, Minggu (8/9/2019) menuturkan kejuaraan tersebut digelar dalam rangka menyeleksi bibit-bibit muda calon atlet Pencak Silat dari kalangan pelajar.

"Kami mencari calon atlet tersebut mulai dari kalangan pelajar baik tingkat SD maupun SMP karena di usia tersebut merupakan jenjang yang paling tepat untuk menyeleksi calon atlet," ucapnya.

Kejuaraan ini, Kata Yusup, merupakan ajang pemilihan atlet yang nantinya akan mewakili Kabupaten Garut pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (2OSN) baik tingkat provinsi maupun nasional.

 

Koropak.co.id - Pencak Silat Kadisdik Cup 2019, Jaring Bibit Atlet Baru (2)

 

Baca : Yayan Ruhian Apresiasi Aksi Pencak Silat Warnai MoG

 

Menurut Yusup, Garut merupakan gudangnya atlet Pencak Silat. Banyak dari mereka yang telah mengukir prestasi mulai dari tingkat kabupaten sampai internasional.

"Seperti dalam ajang Asian Games 2018, Indonesia berhasil meraih medali emas dari cabang olahraga Pencak Silat yang atletnya berasal dari Garut," ucapnya.

Ditambahkan Yusup, agar regenerasi para atlet Pencak Silat tidak berhenti, maka salah satu upaya yang harus ditempuh yakni dengan menggelar kejuaraan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Asep Sopyan menuturkan Kadisdik Cup diikuti 98 peserta dari tingkat SD dan 42 dari tingkat SMP. Kategori yang dipertandingkan meliputi Kategori Tunggal, untuk SD tingkat Pemasalan dan SMP tingkat Prestasi.

"Untuk kedepannya, diharapkan kejuaran Pencak Silat Kadisdik Cup ini menjadi agenda tetap tahunan dan menjadi agenda tetap Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Garut," kata Asep.*

 

Baca : Seni Golok dan Pencak Silat, Kearifan Lokal Melegenda