Kompak! Sekolah di Ciamis Sembelih Hewan Kurban Serentak

Senin, 12 Agustus 2019 21:18 Ahmad Mukhlis Sekolah

Kompak! Sekolah di Ciamis Sembelih Hewan Kurban Serentak


Koropak.co.id - Sejumlah sekolah di Ciamis, Senin (12/8/2019) secara serentak melakukan penyembelihan hewan kurban. Ada hewan kurban dari hasil iuran para siswa dan juga sumbangan para guru. Semua siswa dilibatkan sejak proses awal hingga terakhir pembagian daging kurban ke masyarakat sekitar sekolah.

Kepala SMAN 1 Ciamis, Drs. H. Wawan Haryawan menuturkan penyembelihan hewan kurban bagi siswa dimaksudkan sebagai upaya pembelajaran karakter. Bukan hanya sekadar ritual Iduladha saja, tapi diharapkan para siswa bisa mengambil hikmah dan insipirasi dari perjalanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

"Ada banyak nilai-nilai religius yang bisa diterapkan oleh siswa. Di antaranya nilai sosial dan solidaritas sesama manusia. Sedangkan bagi pribadi siswa, mengajarkan keikhlasan dalam berkurban," ujar Wawan.

 

 

Koropak.co.id - Kompak! Sekolah di Ciamis Sembelih Hewan Kurban Serentak (2)

 

Baca : Pangdam Siliwangi Ajak Masyarakat Teladani Hikmah Ketakwaan

Plt Kepala SMPN 4 Ciamis, Yudi Nugraha, S.Pd menuturkan anak usia SMP dikenalkan sejak dini bagaimana prosesi penyembelihan hewan kurban sebagai ibadah. Mereka dilibatkan agar bisa menikmati kebahagiaan bersama dalam berbagi daging dan santap bersama olahan daging kurban.

"Mengajarkan keikhlasan dan solidaritas sesama manusia dalam ritual ibadah kurban akan semakin mudah jika diikuti praktek langsung. Kami mendukung langkah guru agama yang mengajarkan nilai keihlkhlasan berkurban, ini akan menjadi karakter kelak saat mereka dewasa," ujar Yudi.*

 

Baca pula : Serahkan Hewan Kurban Kapolres Garut Berbagi Berkah Iduladha Bersama Warga