Guru IGRA Harus Berinovasi Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

Rabu, 07 Agustus 2019 14:18 Erni Nur'aeni NewSmart

Guru IGRA Harus Berinovasi Memanfaatkan Perkembangan Teknologi


Koropak.co.id - Ketua Pimpinan Wilayah IGRA Jawa Barat, Cicih Nuraeni, S.Pd.I memberikan pengarahan serta motivasi kepada Pengurus Daerah (PD) Ikatan Guru Raudatul Athfal (IGRA) Kota Tasikmalaya, dalam Pelantikan Pengurus PD IGRA Periode 2019-2024 di Aula Kementerian Agama Jalan Ahmad Yani Nomor 75, Tawang Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Selasa (6/8/2019).

Dikonfirmasi Koropak, Rabu (7/8/2019) Cicih mengatakan para pengurus IGRA harus memiliki rasa solidaritas tinggi, serta mempunyai rasa cinta terhadap organisasi sehingga akan membawa IGRA berkembang menuju arah yang lebih baik.

"Kami harapkan kepengurusan IGRA sekarang lebih solid, memiliki rasa kecintaan atau 'sense of bellongin' terhadap organisasi. Dengan komponen tersebut, apapun rintangannya, dapat dilalui dengan baik," katanya.

 

Koropak.co.id - Guru IGRA Harus Berinovasi Memanfaatkan Perkembangan Teknologi (1)

 

Baca : Junjung Tinggi Kreativitas Inti Pendidikan RA

 

Pengurus IGRA, kata Cicih, juga didorong untuk mempunyai program kegiatan yang dapat diaplikasikan oleh lembaga-lembaga RA, seperti salah satunya pemanfaatan teknologi untuk mendukung pembelajaran siswa.

"Guna meraup manfaat perkembangan IT dalam mendukung program pendidikan bagis siswa, kami akan mengadakan workshop aplikasi berbasis IT tentang pembuatan website, pembuatan administrasi berbasis aplikasi, atau bimbingan perilaku anak dalam pemanfaatan teknologi," ucapnya.

Tidak hanya itu, ucap Cicih, untuk mengasah kemampuan para guru RA, akan dilaksanakan lomba karya tulis ilmiah tingkat Provinsi dengan tema inovasi metode pembelajaran baru yang cocok diterapkan untuk anak.

"Sebelum masuk ke lomba tersebut, para guru akan dibekali dulu tata cara membuat karya ilmiah. Kami dorong PD IGRA mengirim utusannya dalam pembekalan yang akan dilaksanakan di Karawang yang rencananya akan dilaksanakan di akhir Agustus 2019 mendatang," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Guru IGRA Harus Berinovasi Memanfaatkan Perkembangan Teknologi (2)

 

Baca : Pengurus Baru Dilantik, IGRA Musti Siap Bersaing Dengan OPD

 

Ketua PD IGRA Kota Tasikmalaya masa bakti 2019-2024, H. Yayan Sopyan, M.Pd.I mengatakan kepengurusan baru IGRA akan fokus melanjutkan program-program jangka pendek dari kepengurusan lama, di antaranya melaksanakan road show ke setiap kecamatan pada September, manasik haji dan Lomba Kreativitas Guru (LKG) pada Oktober, dan perayaan HUT IGRA pada November 2019 mendatang.

"Di era digitalisasi, guru-guru IGRA akan dibekali dengan pemahaman-pemahaman mengenai pemanfaatan teknologi, sebagai bekal mengaplikasikan teknologi dalam metode pendidikan kepada siswa RA," katanya.*

 

Baca : Igra, Komitmen Perehatikan Kognitif dan Motorik