Inilah Daftar Sekolah di Ciamis Peraih Penghargaan Adiwiyata Mandiri

Selasa, 30 Juli 2019 21:11 Ahmad Mukhlis NewSmart

Inilah Daftar Sekolah di Ciamis Peraih Penghargaan Adiwiyata Mandiri


Koropak.co.id - Memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, beberapa sekolah di Kabupaten Ciamis mendapatkan penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri yang merupakan salah satu program Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat. Sekolah peraih penghargaan meliputi SMPN 1 Panjalu, SMPN 1 Sukamantri, SDN 1 Pawindan, MTsN 1 Ciamis dan MI.

"Untuk bisa lolos sebagai sekolah berbasis lingkungan sangat ketat kriterianya. Di antaranya masalah pengelolaan sampah, kebersihan, keindahan dan penataan taman hijau di sekolah. Ciri sekolah hijau adalah adanya tanaman sumber oksigen di sekolah," ujar Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan Ciamis, H. Anto Risyanto, M.Pd, kepada Koropak, Selasa (30/7/2019).

Menurut Anto, yang terpenting bukan penghargaan Adiwiyata Mandiri, tapi bagaimana menanamkan karakter cinta lingkungan hidup kepada anak didik. Lingkungan hidup harus dilestarikan agar kehidupan berjalan seimbang karena alam sudah menyediakan semua sumber kehidupan manusia.

"Sejak usia sekolah anak harus dikenalkan bagaimana menjaga dan melestarikan lingkungan. Yang paling mudah adalah masalah membuang sampah, menanam pohon, dan tidak mencemari lingkungan," ujar Anto.

 

Koropak.co.id - Inilah Daftar Sekolah di Ciamis Peraih Penghargaan Adiwiyata Mandiri (2)

 

Baca : Manusia Alam dan Lingkungan Saling Terhubung

 

Plt Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Andang Firman mengatakan penghargaan Adiwiyata Mandiri adalah salah satu cara memotivasi sekolah agar menumbuhkan cinta lingkungan sejak dini. Karakter anak didik harus diarahkan untuk bersinergi dengan alam agar kelak mereka dapat melestarikan dan memanfaatkan lingkungan dengan bijak. Bukan hanya sekadar menanam pohon dan membuang sampah pada tempatnya, tapi semua karakter anak didik harus berorientasi lingkungan.

"Bicara lingkungan sangat banyak unsurnya, antara lain aspek sosial, budaya, sumber daya alam dan sumber daya hayati. Anak didik harus menjadi pencinta lingkungan bukan perusak lingkungan. Inilah makna dari penghargaan Adiwiyata Mandiri di lingkungan pendidikan Kabupaten Ciamis," ujar Andang.*

 

Baca : Raperda KTR Inisiasi Lingkungan Sehat, Bebas Asap Rokok