Akreditasi Jadi Hambatan PAUD Dapat Bantuan Pemerintah

Jum'at, 19 Juli 2019 16:35 Erni Nur'aeni NewSmart

Akreditasi Jadi Hambatan PAUD Dapat Bantuan Pemerintah

 

Koropak.co.id - Salah satu yang menjadi kendala Pendidikan Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), dan Kelompok Bermain (Kober) untuk mendapat bantuan, yaitu dari segi akreditasi.

Oleh sebab itu, guna membantu mengatasi hal tersebut, Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya melaksanakan bimbingan teknis kepada para Kepala Sekolah tingkat PAUD, TK, dan Kober yang dilangsungkan di Hotel City, Jalan Sukalaya Barat Nomor 50, Cihideung Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (19/7/2019).

Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Drs. Atang mengatakan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan mutu lembaga dalam persiapan akreditasi.

"Jadi kami memberikan pemahaman kepada para lembaga untuk mempersiapkan diri dalam akreditasi. Termasuk hal-hal yang harus dipersiapkan, mulai sarana dan prasarananya," kata Atang.

 

Koropak.co.id - Akreditasi Jadi Hambatan PAUD Dapat Bantuan Pemerintah (2)

 

Baca pula : Diskominfo Garut Gelar Pelatihan Pengelolaan Website

Dituturkan Atang, jumlah keseluruhan Kober di Kota Tasikmalaya lebih dari 300 lembaga. Untuk mewadahi akreditasinya, dilaksanakan oleh pihak provinsi secara bertahap.

"Bimtek ini juga digelar dengan tujuan memberikan pemahaman secara dasar akan mutu lembaga yang dituntut oleh pemerintah guna menjamin kualitas pendidikannya. Barulah, setelah diakreditasi, lembaha akan dinilai uji kelayakannya secara nasional," kata Atang.

Akreditasi yang dilaksanakan tiap 5 tahun sekali, ucap Atang, merupakan salah satu penjamin pelayanan sekolah untuk melaksanakan program pendidikannya.

"Masalah lainnya, kepala sekolah dan tenaga pendidik untuk PAUD, TK, dan Kober kebanyakan bukan dari unsur ASN, sehingga pemahaman terhadap akreditasinya sangat kurang. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kami untuk memberikan mereka bimbingan teknis," kata Atang.*

 

Lihat : Kepala Sekolah Harus Jadi Panutan Siswa