SMK MJPS 2 Tasikmalaya Tingkatkan Sarana Pendidikan

Sabtu, 06 Juli 2019 19:36 Erni Nur'aeni Sekolah

SMK MJPS 2 Tasikmalaya Tingkatkan Sarana Pendidikan


Koropak.co.id - SMK MJPS 2 Tasikmalaya yang beralamat di Jalan Cigeureung Nomor 19B Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya Jawa Barat merupakan salah satu sekolah swasta kejuruan favorit di Kota Tasikmalaya, yang memiliki beberapa jurusan, yakni Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Instalasi Tenaga listrik, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Pemasaran, Teknik Multimedia, dan Teknik Gambar Bangunan.

Dijumpai Koropak di Kampus SMK MJPS 2 Tasikmalaya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Imam Wahyudi S.Pd, M.Pd mengatakan dengan diberlakukannya sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), maka penjurusan-penjurusan di SMK menjadi tumpuan bagi sekolah kejuruan swasta untuk dapat bersaing dengan sekolah kejuruan negeri.

"Namun untuk dapat bersaing tidak cukup hanya mengandalkan jurusan saja, dalam PPDB sistem zonasi, animo siswa yang dekat dengan sekolah negeri sangat berpengaruh terhadap sekolah swasta karena pilihan para siswa biasanya mendahulukan daftar ke SMA atau SMK Negeri," katanya.

 

Koropak.co.id - SMK MJPS 2 Tasikmalaya Tingkatkan Sarana Pendidikan (3)

 

Dikatakan Imam, guna menarik minat siswa ke SMK MJPS 2 Tasikmalaya, pihak sekolah juga fokus meningkatkan pelayanan serta sarana prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar, salah satunya penyediaan laboratorium yang menunjang pembelajaran pada jurusan multimedia," ujarnya.

Ditambahkan Imam, masyarakat belum mengetahui dengan masuk ke SMK, anak tidak hanya mendapat edukasi dari akademik saja, namun juga dibekali segi keterampilannya sehingga dapat diaplikasikan saat ia bekerja. Salah satu contohnya adalah jurusan multimedia, di mana skill dalam bidang multimedia dibutuhkan di berbagai dunia kerja.

"Bahkan lulusan kami sudah diminta oleh beberapa perusahaan, seiring dengan kompetensi yang dimiliki siswa kami," kata Imam.

 

Koropak.co.id - SMK MJPS 2 Tasikmalaya Tingkatkan Sarana Pendidikan (2)

 

Baca : Sistem Zonasi? Untuk Pendidikan Kok Coba-Coba

Ketua Jurusan Multimedia SMK MJPS 2 Tasikmalaya, Seli Amalia S.Kom menuturkan untuk sistem pembelajaran pada bidang multimedia, siswa dituntut untuk lebih kreatif, namun tanpa memberikan beban kepada siswa.

"Para pengajar pun memberikan pelajaran kepada siswa dengan kemasan yang ringan dan menyenangkan, namun tetap mengutamakan kurikulum sehingga mereka lebih mudah menyerap ilmu yang diberikan," kata Seli.

Untuk mendukung kreativitas siswa, sarana dan prasarana penunjang pendidikan pun sudah 85 persen terpenuhi, termasuk dengan tenaga pengajar yang ahli di bidangnya.

"Di SMK MJPS 2 Tasikmalaya ada 4 guru multimedia. Setiap guru satu satu kelas, hal ini agar pengajaran dapat merata kepada seluruh siswa," kata Seli.

Ia berharap masyarakat tidak menilai rendah sekolah swasta sebab belajar di manapun tergantung dari murid serta guru yang mendidiknya, ditambah dengan sarana dan prasarana yang mendukung, kemudian pembekalan akademik, dan pendidikan karakter bagi siswa.*

 

Baca : PPDB SMKN 3 Tasikmalaya Gunakan Sistem Antrian

 

 

Berita Terkait