Kuota PPDB Jalur Prestasi di SMPN 5 Tasikmalaya 15 Persen

Jum'at, 28 Juni 2019 17:13 Erni Nur'aeni Sekolah

Kuota PPDB Jalur Prestasi di SMPN 5 Tasikmalaya 15 Persen


Koropak.co.id - SMPN 5 Tasikmalaya telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi dan perpindahan orangtua yang digelar sejak Senin (24/6/2019) hingga Jumat (28/6/2019).

Dikonfirmasi Koropak di Kampus SMPN 5 Tasikmalaya, Jalan RE Martadinata Nomor 85 Cipedes Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (28/6/2019) Humas sekaligus Panitia PPDB SMPN 5 Tasikmalaya Yayan Saofian Saory mengatakan jalur prestasi dibuka hanya dua hari agar tidak terjadi penumpukan.

"Sabtu (29/6/2019) besok kita buka pengumumannya. Sesuai petunjuk teknis, kuota prestasi sebesar 15 persen, dan perpindahan orangtua 5 persen," katanya.

 

 Koropak.co.id - Kuota PPDB Jalur Prestasi di SMPN 5 Tasikmalaya 15 Persen (1)

 


Sedangkan untuk sistem zonasi, kata Yayan, kuota yang diterima sebanyak 80 persen. Sistem zonasi akan dilaksanakan pada Senin (1/7/2019) sampai Sabtu (6/7/2019).

"Sistem ini sebetulnya sudah ada di tahun kemarin, namun mungkin karena sekarang kuotanya lebih banyak sehingga dipelukan adanya adaptasi. Untuk SMPN 5 Tasikmalaya ini tidak ada masalah. Kita akan tingkatkan dari segi pengelolaan sistem dan kualitas SDM panitia PPDBnya," kata Yayan.

Dijelaskan Yayan, SMPN 5 Tasikmalaya menjadi salah satu sekolah tujuan seiring dengan capaian prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, terutama ekstrakurikuler dan olahraga, baik di tingkat kota hingga tingkat nasional.

 

 Koropak.co.id - Kuota PPDB Jalur Prestasi di SMPN 5 Tasikmalaya 15 Persen (3)

 

Menyoal sistem zonasi, Yayan menilai meskipun sedikit kaku dan masih banyak orangtua yang belum mengerti akan tata laksananya, tetapi diharapkan lebih baik dari pelaksanaan penerimaan sebelumnya, demi kemajuan dunia pendidikannya.

''Mungkin yang biasanya dari daerah Indihiang, Jati sampai Rajapolah dapat bersekolah di sini sekarang tidak bisa. Harapannya dengan ada kebijakan ini dapat lebih bijaksana dan 'bijaksini'," katanya.

Data terakhir PPDB jalur prestasi dan perpindahan orangtua mencapai 48 orang, sedangkan untuk pendaftar online untuk sistem zonasi mencapai 286 orang.*

 

Baca : SMPN 5 Tasikmalaya Miliki Program Cerdas Istimewa