Jumlah Pendaftar di SMKN 2 Tasikmalaya Membeludak

Selasa, 18 Juni 2019 20:33 Eris Kuswara Sekolah

Jumlah Pendaftar di SMKN 2 Tasikmalaya Membeludak


Koropak.co.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang berlangsung mulai 17-22 Juni 2019 mendatang di sejumlah sekolah di daerah Kota Tasikmalaya menyita perhatian. Salah satunya di SMKN 2 Tasikmalaya yang berada di Jalan Noenoeng Tisnasaputra Sindanggalih Kota Tasikmalaya. Di hari kedua, Selasa (18/6/2019) tampak para orang tua dan siswa langsung menyerbu sekolah yang berlabel favorit itu hingga rela antre untuk mendaftar lebih awal.

Dijumpai Koropak, Kepala SMKN 2 Tasikmalaya Dr H Wawan S.Pd., MM mengatakan, SMKN 2 Tasikmalaya memiliki konsep "Jabar Masagi Juara Lahir Batin", sehingga peminat untuk SMKN 2 Tasikmalaya tahun ini membeludak, dan jauh di luar prediksi. Selain itu, karena SMKN 2 Tasikmalaya memiliki 13 kompetensi yang termasuk kelompok teknologi, hal tersebut menjadi daya tarik orangtua untuk menyekolahkan anak-anaknya disini.

 

Koropak.co.id - Jumlah Pendaftar di SMKN 2 Tasikmalaya Membeludak (2)

 

"Beberapa kompetensi yang kami miliki di sini, belum ada di SMK lain di wilayah Priangan Timur. Contohnya teknik mekatronik, teknik Kendaraan ringan otomotif (TKRO), Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) yang merupakan jurusan baru dengan jenjang pendidikannya selama 4 tahun," kata Wawan.

Ditambahkan Wawan, SMKN 2 Tasikmalaya juga sudah me-link-kan jurusan yang dimilikinya dengan kebutuhan industri, berikut kurikulumnya. Karena secara standar, sudah sesuai dengan kebutuhan industri dan salah satunya adalah dengan adanya kerjasama antara SMKN 2 Tasikmalaya dengan pihak industri.

 

Koropak.co.id - Jumlah Pendaftar di SMKN 2 Tasikmalaya Membeludak (3)

 

Baca : PPDB Diatur Zonasi, 90 Persen Siswa Lokal

 

"Jumlah pendaftar bisa membludak di SMKN 2 Tasikmalaya karena SMK khususnya di Jawa Barat sudah melepaskan sistem zona sehingga banyak pendaftar berasal dari luar Kota dan Kabupaten Tasikmalaya bahkan luar Jawa Barat. Mereka yang datang kesini juga yang benar-benar ingin memilih kompetensi yang tidak ada didaerahnya masing-masing," ucapnya.

Wawan menuturkan, dengan adanya kebebasan zona membuat SMKN 2 Tasikmalaya sangat diuntungkan, karena sekolah ini bisa mempunyai roll material orang-orang terseleksi. Pada PPDB, SMKN 2 Tasikmalaya juga mencoba menggunakan sistem IT terintegrasi mulai dari proses informasi, pendaftaran, alur pendaftaran sampai dengan mencoba alur tes potensial akademik yang merupakan kebijakan dari manajemen SMKN 2 Tasikmalaya.*

 

Baca : SMKN 2 Tasikmalaya Buka Tes Potensi Akademik