Jangan Paksa Anak Untuk Belajar Berhitung

Sabtu, 15 Juni 2019 17:13 Erni Nur'aeni TipSmart

Jangan Paksa Anak Untuk Belajar Berhitung


Koropak.co.id - Senin (17/6/2019) saat kembali bersekolah. Anak-anak yang akan menuju ke Sekolah Dasar (SD) diajarkan untuk dapat membaca, menulis dan berhitung (Calistung), namun dengan menerapkan konsep bermain sehingga mereka dapat mengikuti pembejaran di sekolah.

Terutama dalam pelajaran menghitung, anak-anak dituntut mampu berhitung meskipun tidak semua anak dapat cepat menangkap semua materi. Agar anak dapat belajar berhitung dengan benar, orangtua pun berperan penting untuk mengajarkannya di rumah.

Beberapa hal yang dapat diterapkan oleh orang tua agar anak dapat belajar berhitung dengan benar yaitu dengan mengenalkan dan menguatkan pondasi dari konsep berhitung. Ajarkan konsep berhitung dengan tepat sejak dini agar anak tidak terlalu ditekan untuk menghafal cara menghitung.


Baca : Menentukan Waktu Mengajarkan Anak Calistung

Dikarenakan anak cenderung lebih banyak bermain, maka konsep belajar berhitung dengan cara menyenangkan menjadi cara yang tepat. Gunakan alat-alat yang sering dijumpai seperti kancing baju, menghitung jari-jari tangan, menghitung jumlah mobil saat sedang di luar rumah atau banyak hal lainnya yang membuat kegiatan menghitung menjadi terasa menyenangkan.

Gunakan contoh yang konkret atau pasti karena daripada hanya sekedar menulis atau menunjukkan angka-angka kepada anak, lebih baik tunjukkan dengan objek nyata sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Misalnya, ajarkan konsep 3 tambah 2 dengan menggunakan buah apel atau lego, atau benda-benda yang sudah lebih dikenal oleh anak.

 

Baca : Suka Duka Laela Pengajar Siswa Pra Sekolah

Buatlah progress berkala. Setelah mengajarkan pertambahan lanjutkan dengan pengurangan, namun masih menggunakan benda-benda yang ada di sekitar. Lakukan secara berkala sampai anak bisa, kenalkan juga simbol-simbol dasar dari penghitungan.

Hindari memaksa anak berlajar berhitung terlalu cepat, karena kemampuan otak anak itu berbeda sehingga harus disesuaikan dengan tahap perkembangan dan tahap pembelajarannya.

 

Baca : Metode Ampuh Tingkatkan Motivasi Belajar

 

Tidak terlalu menekan anak untuk belajar berhitung sangat penting karena masih banyak kemampuan lainnya yang perlu diasah, misalnya kemampuan bahasa, bersosialisasi dan lainnya. Tidak hanya butuh kemampuan berhitung namun juga memerlukan pengalaman fisiik yang ia dapatkan saat bermain.

Salah seorang Guru RA Antassalam, Ipit menuturkan masih banyak orangtua yang mengeluh anaknya belum dapat berhitung. Sebetulnya, itu semua berpengaruh dari cara dia menangkap materi sehingga harus disesuaikan.

"Sebagai orangtua, kita harus bersabar karena kemampuan semua anak itu berbeda," ujar Ipit saat dijumpai Koropak, Sabtu (15/6/2019).*

 

Baca : Kembangkan Potensi Tampil di Atas Panggung