Libur Bukan Berarti Absen Untuk Belajar

Kamis, 06 Juni 2019 23:26 Erni Nur'aeni TipSmart

Libur Bukan Berarti Absen Untuk Belajar

 

Koropak.co.id - Setelah merayakan Hari Raya Idulfitri, anak-anak sekolah mulai memasuki libur panjang. Akan semakin banyak waktu senggang yang kadang terbuang sia-sia karena hanya diisi dengan bermain.

Namun liburan panjang, bukan berarti anak tidak belajar, sebab setelah selesai liburan semangat mereka untuk bersekolah akan menjadi turun. Untuk mengatasinya, Koropak telah merangkum beberapa tips yang dapat membangkitkan semangat seusai liburan.

Founder and Director Universal Quantum Nana Supriatna atau disapa Abi Nana menuturkan salah satu hal yang menyebabkan anak tidak mau belajar adalah terlalu lama bermain gawai sehingga mereka malas untuk hanya sekedar membaca.

Untuk meminimalisasi hal tersebut, orangtua harus memastikan mengontrol pemakaian gawai oleh anak maksimal 30 menit, sehingga mereka akan lebih fokus belajar.

"Mengendalikan pemakaian gawai tersebut akan membuat mereka lebih fokus belajar dengan pemakaian maksimal 30 menit per hari," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Libur Bukan Berarti Absen Untuk Belajar


Baca : Origami Media Untuk Menstimulasi Kecerdasan Anak

Setelah itu, kata Nana, selalu libatkan anak dalam aktivitas keluarga, maka anak akan lebih semangat ketika masuk sekolah.

"Banyak aktivitas dengan keluarga yang bermanfaat. Dengan melibatkan anak, maka selain dapat mempererat hubungan keluarga, juga akan mengembalikan semangat mereka," katanya.

Kemudian, kata Nana, selalu menekankan bahwa libur bukan berarti tidak belajar. Anak tetap harus belajar, minimal dengan membaca buku. Meskipun terkadang memberikan hukuman dan hadiah kepada anak menjadi salah satu cara agar mereka mau belajar, namun hal itu tergantung juga dari motivasi mereka.

"Hal itu dikarenakan ada anak yang tidak takut dengan hukuman dan ada juga yang tidak tertarik dengan hadiah," ujar Abi.*


Baca : Hilangkan Rasa Bosan Saat Membaca

Berita Terkait