Origami Media Untuk Menstimulasi Kecerdasan Anak

Rabu, 05 Juni 2019 22:16 Erni Nur'aeni TipSmart

Origami Media Untuk Menstimulasi Kecerdasan Anak


Koropak.co.id - Origami berasal dari bahasa Jepang yaitu Ori yang berarti lipat dan Gami yang berarti kertas. Sehingga Origami diartikan sebagai seni melipat kertas yang sangat berkembang pesat dan menjadi kebudayaan di negeri asalnya, Jepang.

Dikutip dari ruangguru, Selasa (5/6/2019) berdasarkan sejarah, ternyata Origami tidak diciptakan di Jepang melainkan pertama kali diperkenalkan di Tiongkok Kuno tahun 105 Masehi oleh Tuan Ts'ai Lun.

Saat ini, seni melipat kertas ini sudah mewabah di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Bahkan hampir semua siswa akrab dengan origami karena banyak manfaat yang dapat diambil bagi anak-anak.

Seperti salah satunya meningkatkan kemampuan berfikir. Anak-anak dapat meningkatkan keterampilan visualisasi spesial dengan menggunakan tangan sebagai alat belajar dan memungkinkan siswa untuk paham mengenai dunia luar.

 

Koropak.co.id - Origami Media Untuk Menstimulasi Kecerdasan Anak (2)

 

Baca : Tindaklanjuti Parenting Dengan Pendekatan

 

Manfaat lainnya, belajar berkreativitas. Sebab dunia origami saat ini sudah berkembang dengan memiliki model yang beragam. Tidak hanya membuat perahu, pesawat, burung atau ikan saja tetapi siswa dapat memilih model hasil karya yang diinginkan.

Selain mengikuti arahan dari guru, siswa dapat belajar origami melalui diagram, animasi, atau gambar dari sebuah buku origami dengan disesuaikan kemampuan anak tersebut. Hal ini akan merangsang logika untuk memikirkan rangkaian awal sampai tahap akhir.

Bahkan tidak hanya itu saja, dengan sering bermain origami, anak akan memiliki kemampuan memecahkan suatu masalah dan menemukan solusi, berpikir sistematis, serta, mendapatkan ilmu pengetahun yang kian luas.

Dari seni melipat kertas ini akan terbentuk manfaat yang luar biasa untuk merangsang otak anak, dari gerak motorik mereka.*

 

Baca : Perilaku Anak Berasal Dari Lingkungan