Pondok Pesantren Asshobariyah

Rabu, 31 Januari 2018 06:10 Koropak Ponpes

Pondok Pesantren Asshobariyah

Mewujudkan Masyarakat yang Madani

Koropak.co.id - Pondok Pesantren Asshobariyah yang beralamat di Kampung Kikisik Desa Gunungsari, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya didirikan oleh H Madfa’i dan Hj Shobariyah. Di awal pembangunan, langkah awal mewujudkannya keinginan pasangan suami-istri untuk mendirikan pondok pesantren tersebut diawali dengan mewakafkan tanah dan hartanya.

Mereka juga menikahkan putri pertamanya Hj Imas Adawiyah dengan KH Amin Syadzili (Alm), putra sulung ulama sepuh Kikisik KH Ahmad Syadzili. Pesantren tersebut didirikan sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat yang madani. Selain itu, untuk memberikan kontribusi pembentukan karakter masyarakat agar bisa menyeimbangkan antara kepentingan duniawi dan kepentingan ukhrowi.

Berdirinya Ponpes Asshobariyah ini menjadi harapan bahwa santri yang mondok di pesantren bisa menjadi santri yang berakhlakul kharimah dan memiliki keimanan yang kokoh, serta ilmu yang didapat bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari melalui perilaku yang mulia, sehingga mampu menjadi penebar keindahan, dan pengubur kebencian.

Walaupun dengan serba keterbatasan dan kekurangan, tidak menjadi hambatan keseriusan bagi pengurus Ponpes Asshobariyah dalam mewujudkan masyarakat madani dengan ikut memanusiakan manusia. Tidak hanya pesantren, di Ponpes Asshobariyah juga memiliki lembaga pendidikan seperti PAUD/TPA dan SMK.*

Penulis : Fitriyani N