SMAN 1 Ciamis Terbuka Bagi Guru Asing

Rabu, 15 Mei 2019 20:52 Ahmad Mukhlis NewSmart

SMAN 1 Ciamis Terbuka Bagi Guru Asing

 

Koropak.co.id - Kabar Menteri Puan Maharani akan mendatangkan guru dari China dinilai sudah basi dan ketinggalan zaman. Sejak tahun 2010 Indonesia sudah mengimport guru asing dari Amerika dengan berbagai disiplin ilmu yang berbeda. Para guru asing ini ditempatkan di beberapa SMA, termasuk di Kabupaten Ciamis.

"Di beberapa SMA di Ciamis sudah biasa menerima guru asing dengan kontrak 2 tahun. Tahun ini SMAN 1 Ciamis bersaing dengan 6 sekolah di Ciamis untuk mendapatkan kuota guru asing dengan mata pelajaran Bahasa Inggris. Sekolah sudah diverifikasi oleh utusan konsulat Amerika," ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan SMAN 1 Ciamis, Supyan Iskandar mendampingi Kepala Sekolah H. Wawan Haryawan, Rabu (15/5/2019).

Menurut Supyan, SMAN 1 Ciamis layak mendapatkan guru asing untuk pelajaran Bahasa Inggris. Para guru Bahasa Inggris dan siswa bahkan antusias menyambut kedatangan guru asing asal Amerika.

"Di Jawa Barat kuota guru asingnya 40 orang, di Kabupaten Ciamis dapat jatah satu orang guru asing diperebutkan 6 sekolah. Kami optimis SMAN 1 Ciamis terpilih karena secara syarat sudah layak diberi guru asing," kata Supyan.

 

Koropak.co.id -  SMAN 1 Ciamis Terbuka Bagi Guru Asing (2)

 

Baca : SMAN 1 Ciamis Lepas 400 Lulusan

 

Menurut Supyan, program import guru Amerika ini terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Amerika. Guru asing dari Amerika yang dikirim ke Ciamis dijamin aman tidak akan membawa misi agama dan politik. Calon guru asing sebelum bertugas akan diajarkan budaya lokal Ciamis dan semua etika budaya Ciamis yang religius.

"Nanti di rumah tinggal, sang guru asing akan ditemani ibu angkat yang mengajari tata krama lokal. Tidak ada misi penyebaran agama lain, jadi murni pembelajaran Bahasa Inggris. Para orang tua siswa dan masyarakat diharapkan mendukung program ini, sebab ini demi kemajuan siswa dalam berbahasa Inggris," ujar Supyan.

Kepala SMAN 1 Ciamis, H. Wawan Haryawan mengaku gembira adanya program guru asing. Selama ini dalam belajar Bahasa Inggris para siswa tidak bisa fasih karena guru bukan asli penutur Inggris.

"Siswa kelak punya pengalaman belajar kepada penutur asli Inggris. Ini akan memicu semangat belajar siswa," ujar Wawan.*

 

Baca : SMAN 1 Ciamis Terbanyak Lolos SNMPTN