Teknika Dan Nautika BP2IP Tanggerang

Senin, 24 Juli 2017 12:57 Didit Fauzi Kuliah

Teknika Dan Nautika BP2IP Tanggerang

BP2IP Tangerang Siap Cetak Sumber Daya Kepelautan Kompeten

 

Koropak.co.id - Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang merupakan pilhan tepat untuk mengembangkan karir di dunia pelayaran. Kompetensi mumpuni yang diberikan kepada taruna /taruni membentuk para siswa menjadi calon perwira yang unggul, profesional, dan berdaya saing.

Didirikan pada 27 Februari 2004 melalui seremonial peresmian oleh Presiden RI kala itu, Megawati Soekarno Putri, tahun ke tahun BP2IP Tangerang berhasil mencetak Sumber Daya Manusia kepelautan andal yang dibutuhkan di kapal- kapal niaga, baik dalam maupun luar negeri. Tentunya, itu semua berkat kompetensi yang memenuhi standardisasi nasional maupun internasional.

Kepala BP2IP Tangerang Capt. Sugiyono, M.M.Tr, M.Mar menuturkan dalam pembekalan materi, para taruna/taruni senantiasa dididik untuk disiplin, baik disiplin ilmu maupun karakter karena disiplin merupakan modal awal untuk menjadi perwira kelautan profesional. Semangat tinggi juga dibutuhkan guna meneguhkan tekad menjadi karakter perwira kelautan yang andal.

 

Baca : BP2IP Tangerang Buka Pendaftaran Tahun Diklat 2017 - 2018

“Pembekalan materi teori dan praktek yang sesuai dengan standar nasional dan profesional menjadikan lulusan BP2IP Tangerang calon perwira pelaut yang harus mempunyai sikap, mental dan disiplin yang baik. Mereka dipersiapkan menjadi calon pemimpin masa depan, dimulai dari pemimpin di kapal atau di perusahaan tempatnya bekerja,” kata Capt. Sugiyono.

Metode pendidikan pada program studi Nautika di BP2IP Tangerang


Dengan misi meningkatkan kualitas lulusan diklat yang berdaya saing tinggi, mengoptimalkan sumber daya pemeliharaan dan pengembangan sarana dan prasaran Diklat, meningkatkan jejaring kinerja dengan stake holder dan jaringan pemasaran lulusan baik di kawasan regional maupun internasional, dan meningkatkan keunggulan kualitas kinerja organisasi yang mampu memberikan pelayanan berkualitas, kompetitif dan nilai tambah serta nilai guna, BP2IP Tangerang bertekad untuk berkontribusi dalam mewujudkan dunia pelayaran yang aman, selamat, dan efisien serta laut yang bebas polusi.

Dalam proses pendidikannya, BP2IP Tangerang menerapkan metode diklat 2,5 tahun dengan komposisi 1,5 tahun teori di Kampus BP2IP Tangerang yang beralamat di Jalan Raya Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang, dan 1 tahun praktek di kapal-kapal niaga baik dalam maupun luar negeri.

 

Baca : BP2IP Tangerang Gelar Ujian Keahlian

Program studi yang diberikan pun sangat selaras dengan kebutuhan Sumber Daya Manusia di dunia pelayaran, yakni program studi Teknika dan Nautika.

Untuk program studi teknika di BP2IP Tangerang, ada beberapa tingkatan diklat, yakni Diklat Pelaut Dasar Teknika (DP-D), Diklat Pelaut Tingkat V Teknika (DP-V), Diklat Pelaut Tingkat IV Teknika (DP-IV), dan Diklat Pelaut Tingkat III Teknika (DP-III).

Diklat Pelaut Dasar Teknika (DP-D) BP2IP Tangerang memiliki misi membentuk perwira menjadi anak buah kapal niaga bagian mesin dengan Sertifikasi ATT-D yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan pelayaran nasional dan internasional.

Metode pendidikan pada program studi Nautika di BP2IP Tangerang

 


Diklat Pelaut Tingkat V Teknika (DP-V) BP2IP Tangerang dipersiapkan untuk menghasilkan lulusan pada tanggungjawab tingkat Operasional di kapal niaga, berdasarkan standar kompetensi yang mengacu pada ketentuan STCW 1978 amandemen 2010 Regulation Regulation III/4 dan STCW Code Section A – III/4.

Diklat Pelaut Tingkat IV Teknika (DP-IV) BP2IP Tangerang bertujuan untuk menghasilkan perwira bagian mesin yang mampu mendemonstrasikan kompetensi untuk menerima tugas, kewajiban, dan tanggung jawab pada tingkat operasional di kapal niaga dengan kemampuan mental, moral, kesemaptaan, serta kepemimpinan yang kuat dan bertindak sebagai pemimpin dikapal pada bagian mesin.

 

Baca pula : Peringatan HUT RI Di BP2IP Tangerang

Sementara Diklat Pelaut Tingkat III Teknika (DP-III) BP2IP Tangerang dipersiapkan untuk menghasilkan lulusan pada tanggungjawab tingkat operasional di kapal niaga, bagi perwira kapal niaga bagian mesin yang melaksanakan jaga laut.

Demikian halnya dengan program studi Nautika di BP2IP Tangerang yang memiliki beberapa tingkatan diklat, yaitu Diklat Pelaut Dasar Nautika (DP-D), Diklat Pelaut Tingkat V Nautika (DP-V), Diklat Pelaut Tingkat IV Nautika (DP-IV), dan Diklat Pelaut Tingkat III Nautika (DP-III), yang disiapkan untuk membentuk lulusan anak buah kapal niaga bagian dek yang dapat melaksanakan jaga laut dan jaga pelabuhan pada kapal-kapal laut, baik niaga Ocean Going maupun kapal niaga dengan ukuran kurang dari GT 500.*

 

Baca pu;a : Ms. Amsterdam Segera Singga di Indonesia