BP2IP Tangerang Sosialisasi Program Kelautan

Rabu, 10 April 2019 22:47 Erni Nur'aeni NewSmart

BP2IP Tangerang Sosialisasi Program Kelautan


Koropak.co.id - Balai Pendidikan dan Pengenalan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tanggerang yang saat ini tengah memasuki masa transformasi menuju Politeknik Pelayaran Banten, melaksanakan sosialisasi ke beberapa sekolah di Kota Tasikmalaya, meliputi SMAN 3 Tasikmalaya, SMKN 3 Tasikmalaya, SMAN 5 Tasikmalaya dan SMPN 1 Tasikmalaya, Rabu (10/4/2019).

Sosialisasi yang dikemas dalam rangka roadshow itu, bertujuan untuk mengenalkan program sekolah serta menginformasikan pembukaan pendaftaran calon taruna.

Salah seorang tenaga pengajar BP2IP Tangerang, Jaja Miharja S,sos., M.Si mengatakan sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengenalkan Politeknik Ilmu Pelayaran Banten ke daerah Kota Tasikmalaya sebab masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa di Tanggerang sudah membuka sekolah untuk pelaut.

"Sebelumnya, mereka hanya tahu ke daerah Jakarta, Semarang dan lainnya. Sedangkan Tanggerang belum mengetahuinya. Maka dari itu kita infokan bahwa di Tangerang pun ada BP2IP Tangerang yang membuka pendidikan calon taruna dan taruni yang siap berkarir di dunia kelautan," katanya.

 

Koropak.co.id - BP2IP Tangerang Sosialisasi Program Kelautan (3)

 

Baca : BP2IP Tangerang Bekali Calon Pelaut Dengan Bermacam Kompetensi

 

Ditambahkan Jaja, beberapa program yang disampaikan untuk sekolah tingkat SMA, yaitu untuk jurusan A3 dari lulusan IPS pada program Ketatalaksanaan dan Pelabuhan. Kemudian A2 lulusan IPA untuk program Nautika dan teknika, serta membuka pendaftaran untuk program diplomatika serta non diplomatika.

"Informasi tersebut telah kita sampaikan ke sekolah-sekolah. Untuk program non diplomatika bisa daftar langsung kampus BP2IP Tanggerang. Sedangkan untuk pola pembibitan taruna pendaftarannya secara terpadu di Kementerian Perhubungan " katanya.

Jaja berharap dengan adanya sosialisasi tersebut, banyak calon pelaut yang berasal dari Kota Tasikmalaya, sebab animonya pun cukup tinggi.

 

Koropak.co.id - BP2IP Tangerang Sosialisasi Program Kelautan (4)

 

Baca : Lulusan BP2IP Tangerang Sudah Banyak Penuhi Kebutuhan SDM Pelayaran

 

Ditambahkan Jaja, tidak hanya untuk para palajar baru, pihaknya pun membuka 1.000 Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) bagi para nelayan atau warga sekitar secara gratis. Tujuannya agar dapat mengetahui teknik melaut hingga survive di tengah lautan. Diklat tersebut juga sangat penting sebagai salah satu kelengkapan surat-surat izin berlayar, yang bisa digunakan di sekitar lautan Indonesia.

"Kita kasih pengetahuan kepada mereka cara bertahan di laut karena biasanya nelayan ingin praktis, adalah ilmu tersebut sangat penting, sebab jika terjadi sesuatu yang tak terduga di lautan, dengan adanya diklat ini nelayan dapat lebih mengetahui langkah penyelamatan diri dan menyelamatkan orang lain," katanya.*

 

Lihat : Wujud Rasa Syukur BP2Ip Tangerang Menuju Politeknik Palayaran Banten