SMAN 1 Garut Komitmen Cetak Lulusan Terbaik

Rabu, 10 April 2019 15:18 Dedi Sofwan Sekolah

SMAN 1 Garut Komitmen Cetak Lulusan Terbaik

 

Koropak.co.id - SMAN 1 Garut tuntas melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 pada Senin (8/4/2019).  Dijumpai Koropak, Rabu (10/4/2019) Kepala SMAN 1 Garut, Drs. H. Achdiat Kusdani, M.Pd, menjelaskan pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Garut berjalan lancar tanpa ada kendala sedikitpun seperti kendala koneksi jaringan internet, server, listrik termasuk kehadiran siswa.

"Pada UNBK kali ini seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 478 orang, semuanya bisa mengikuti UNBK sesuai jadwal tanpa ada UNBK susulan," ucapnya.

Dikatakan Achdiat, untuk tahun 2019 pihaknya mengharapkan semua lulusan SMAN 1 Garut masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Jika melihat data pada tahun 2018, lulusan SMAN 1 Garut yang masuk ke PTN ataupun PTS sudah mencapai 98 persen.

"Berdasarkan laporan sementara layanan penempatan atau penyaluran peserta didik dalam lanjutan studi ke perguruan tinggi negeri atau swasta tahun 2019, yang diumumkan oleh beberapa Perguruan Tinggi melalui jalur SMPTN dan PMDK sampai 23 Maret 2019, SMAN 1 Garut telah menempatkan 93 siswa ke PTN, 122 siswa ke PTS dan 3 siswa ke Perguruan Tinggi Luar Negeri dari jumlah siswa 478 siswa," katanya.

 

Koropak.co.id - SMAN 1 Garut Komitmen Cetak Lulusan Terbaik (2)

 

Semua pencapaian itu, kata Achdiat, tidak terlepas dari peranan para guru, staf, siswa dan orangtua siswa yang selalu mendukung setiap program yang dilaksanakan oleh SMAN 1 Garut, termasuk dalam program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) walaupun program tersebut sudah dibubarkan. Implementasinya, penambahan jam untuk mata pelajaran tertentu. Seperti Fisika yang tadinya 2 jam pelajara menjadi 4 jam pelajaran, dan Matematika yang tadinya 4 jam pelajaran menjadi 6 jam pelajaran.

"Semakin banyak materi yang dipelajari, semakin banyak waktu untuk mempelajari materi tersebut maka hasil yang dicapai juga akan banyak," ucapnya.

 

Koropak.co.id - SMAN 1 Garut Komitmen Cetak Lulusan Terbaik

 

Baca : SMA Negeri 1 Garut

 

Ditambahkan Achdiat, pihaknya selama ini terus memberikan pelayanan prima, hingga SMAN 1 Garut pernah mendapatkan penghargaan juara 1 pelayanan prima tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2015.

Dijelaskan Achdiat, salah satu contoh dari pelayanan prima yang dilakukan selama ini yakni dengan menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan sekolah, terutama kebersihan WC. Sehingga pada tahun 2018 SMAN 1 Garut bisa meraih penghargaan dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional.

"Tujuan pelayanan prima yang kami berikan, agar para siswa merasa nyaman saat menjalani proses belajar di sekolah," ujarnya.

Diharapkan Achdiat, ke depan SMAN 1 Garut semakin baik dan bisa mempertahankan segenap prestasi yang diraih selama ini.*

 

Lihat : Mengulas Masa Indah Kala SMA

 

 

Berita Terkait