BP2IP Tanggerang Buka Pendaftaran Tahun Diklat 2017 / 2018

Senin, 17 Juli 2017 12:42 Didit Fauzi Kuliah

BP2IP Tanggerang Buka Pendaftaran Tahun Diklat 2017 / 2018

Bersama BP2IP Tanggerang Menuju Pelaut Unggul Dan Profesional


Koropak.co.id
- Badan Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan membuka pendaftaran untuk calon Taruna/Taruni program swadana tahun diklat 2017/2018.

Pendaftaran dibuka mulai 20 Juni – 18 Agustus 2017, dengan datang langsung ke tempat pendaftaran di Kampus BP2IP Tangerang di Jalan Raya Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang.

Adapun persyaratan pendaftaran BP2IP Tangerang meliputi siswa berijazah SMA/MA-IPA/SMK berusia kurang dari 26 tahun, berdisiplin, serta memiliki semangat tinggi untuk menjadi pelaut unggul dan profesional.

Bp2ip Tanggerang Buka Pendaftaran Tahun Diklat 2017 / 2018


Baca : Teknika Dan Nautika BP2IP Tangerang

Pendaftaran disertai dengan menyerahkan Surat Keterangan catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan belum menikah dari kelurahan, formulir pendaftaran yang telah diisi, fotocopy ijazah yang telah dilegalisir, fotocopy akta kelahiran, pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar dengan latar merah untuk jurusan Teknika dan biru untuk jurusan Nautika, serta bukti pelunasan biaya pendaftaran dan seleksi penerimaan calon taruna.

Pendidikan ilmu pelayaran di BP2IP Tangerang merupakan sebuah kesempatan emas untuk berkarir di dunia pelayaran mengingat dengan dukungan tenaga pengajar profesional, BP2IP Tangerang berkomitmen untuk mencetak Sumber Daya Manusia Kepelautan unggul, profesional, dan berdaya saing kompetensi sesuai dengan standar nasional dan internasional. 

BP2IP Tangerang yang didirikan sejak 27 Februari 2004 dan diresmikan Presiden RI kala itu, Megawati Soekarno Putri tersebut menawarkan dua program studi, yakni Nautika dan Teknik. Program studi Nautika memberikan pelatihan dan pendidikan kompetensi untuk melaksanakan tugas navigasi, penanganan muatan dan penataannya, serta mengendalikan operasi kapal dan personel di kapal pada tingkat manajemen dan operasional.

Bp2ip Tanggerang Buka Pendaftaran Tahun Diklat 2017 / 2018

 


Baca : BP2IP Tangerang Buka Pendaftaran Tahun Diklat 2017 - 2018

Program studi Nautika BP2IP Tangerang mendidik siswa untuk menjadi perwira pelayaran niaga bagian dek dengan sertifikat ANT-III dan menjabat sebagai mualim jaga Ocean Going.

Sementara itu, program studi Teknika di BP2IP Tangerang memberikan pendidikan dan pelatihan kompetensi di bidang pengendalian, perawatan, dan perbaikan mesin serta perlindungan personel di kapal pada tingkat manajemen dan operasional.

Dengan program studi Teknika BP2IP, mendidik siswa untuk menjadi perwira pelayaran niaga bagian mesin dengan sertifikat ATT-III dan menjabat sebagai masinis jaga Ocean Going. Untuk metode pendidikan yang diberikan, BP2IP Tangerang menyelenggarakan pendidikan kilat selama 2,5 tahun dengan komposisi 1,5 tahun pendidikan teori di kampus dan 1 tahun praktek magang di kapal niaga baik dalam maupun luar negeri. Disediakan fasilitas simulator dan laboratorium yang menunjang pendidikan.

 

Baca pula : BP2IP Tangerang Gelar Ujian Keahlian

Kepala BP2IP Tangerang Capt. Sugiyono, M.M.Tr, M.Mar menuturkan siswa yang mengikuti pendidikan di BP2IP Tangerang disiapkan untuk menjadi perwira pelayaran yang andal dan profesional.

“Pembekalan materi teori dan praktek yang sesuai dengan standar nasional dan profesional menjadikan lulusan BP2IP Tangerang calon perwira pelaut yang harus mempunyai sikap, mental dan disiplin yang baik. Mereka dipersiapkan menjadi calon pemimpin masa depan, dimulai dari pemimpin di kapal atau di perusahaan tempatnya bekerja,” kata Capt. Sugiyono.*

 

Baca pula : Ms. Amsterdam Segera Singgah di Indonesia