Literasi Harus Membangkitkan Gairah Menulis

Rabu, 27 Maret 2019 19:31 Erni Nur'aeni NewSmart

Literasi Harus Membangkitkan Gairah Menulis


Koropak.co.id - Dalam bedah buku yang digelar oleh Beranda 57 di Caffe and Resto Route 66, Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya, Selasa (26/3/2019) kemarin, hadir penulis cerita pendek "Bubur Ayam" Matdon yang berbagi kisah inspiratif bersama kaum muda untuk tergerak menulis dan mengasilkan sebuah karya.

Presiden Beranda 57 Bode Riswandi, bedah buku yang dilaksanakan secara rutin oleh Beranda 57 bertujuan untuk memberikan wadah atau ruang serta virus positif kepada anak muda, terutama mereka yang gemar menulis agar mendapat suntikan baru dari seorang Matdon.

"Jadi kita berikan asupan serta virus positif dari seorang Matdon kepada kawula muda untuk termotivasi menulis dan menciptakan karya," ujar Bode.

Kata Bode, dengan kehadiran Matdon ke Kota Tasikmalaya, menjadi satu pengecualian lain di antara para penulis yang datang ke Tasikmalaya, sebab Matdon mempunyai daya tarik tersendiri. Idenya sangat sederhana namun menarik, seperti yang ia tulis dalam buku, yakni tentang pencurian korek api, serta pembahasan tentang gehu.

"Hal yang ia tuangkan merupakan hal-hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan mampu menjadikan bahan tulisan menarik. Cerpen dari Matdon ini menginformasikan bahwa kejadian sederhana pun bisa menjadi karya tulisan," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Literasi Harus Bisa Membangkitkan Gairah Menulis (2)

 

Baca : Kupas Novel Jais Darga, Berikan Kesan Bermakna

Bode yang juga Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya itu menambahkan, dengan spirit gerakan literasi di Kota Tasikmalaya yang sudah tumbuh, membuat kegiatan-kegiatan bedah buku seperti yang digelar kali ini menjadi kembang-kembang lain untuk lebih memanggil gerakan literasi.

"Literasi bukan hanya membaca. Pada tingkat lanjut, literasi harus membangkitkan gairah menulis. Seperti kata Pamudiananta 'semua orang boleh menganggap dirinya pintar setinggi apapun, tetapi itu percuma kalau dirinya tidak menulis, karena orang yang tidak menulis maka siap-siap dirinya dilupakan oleh sejarah'. Jadi, kita harus menulis minimalnya punya jurnal sendiri," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Literasi Harus Bisa Membangkitkan Gairah Menulis (3)

 

Diharapkan, ucap Bode, Kota Tasikmalaya memiliki penulis-penulis kreatif dan imajinatif yang membuat banyak orang terinspirasi. Seorang penulis, memiliki tekad untuk mampu merawat masa depannya dan memantapkan dirinya dalam segenap ide dan gagasannya ditumpahkan kepada karyanya sendiri.

"Gagasan yang hanya sekedar gagasan, its nothing. Tetapi ketika tulisan sudah ditumpahkan dalam bentuk karya, terlepas kualitasnya baik atau buruk, itu sudah merupakan jalan terbaik. Istilah mengatakan 'menulis itu merupakan suatu prahara yang harus dilakukan oleh manusia yang punya pikiran waras'," kata Bode.*

 

Baca : Novel Jais Darga Menginspirasi Kaum Hawa