Penampilan Pelajar Disabilitas Buat Terharu

Minggu, 24 Maret 2019 21:27 Dedi Sofwan NewSmart

Penampilan Pelajar Disabilitas Buat Terharu


Koropak.co.id - Jangan anggap pelajar disabilitas Kabupaten Garut tidak bisa membuat pejabat negara terpukau diam seribu bahasa saat melihat kemampuannya. Buktinya, penampilan Sanggar Angklung Sabilulungan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Garut, asuhan Bagus Kusnadi berhasil menampilkan seni angklung yang cukup memukau.

Penampilan mereka dalam acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019 yang di helat di Gedung Pendopo Garut, Sabtu (23/3/2019) berhasil membuat takjub Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy, anggota DPR RI dari Fraksi Golkar H Ferdiansyah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta pejabat tinggi Kemendikbud RI lainnya.

 

Koropak.co.id - Penampilan Pelajar Disabilitas Buat Terharu (2)

 

Membawakan 2 lagu berjudul "Jangan Menyerah" dan "Meraih Bintang", Sanggar Angklung Sabilulungan ABK Garut yang beranggotakan 43 pelajar disabilitas dan 12 pembimbing, berhasil membuat seisi Gedung Pendopo Garut terharu dan bangga.

Dijumpai Koropak selepas penampilan anak asuhnya, Bagus menuturkan Sanggar Angklung Sabilulungan ABK Garut dibentuk dengan tujuan untuk memperlihatkan kepada masyarakat, kepada orang tua yang anaknya mempunyai kekurangan, agar jangan berkecil hati.

"Di balik kekurangan tersebut ada keistimewaan yang diberikan oleh Sang Pencipta," ucapnya.

 

 

Koropak.co.id - Penampilan Pelajar Disabilitas Buat Terharu (3)

 

Baca : Marching Band SMAN 13 Garut Sambut Mendikbud RI

 

Dijelaskan Bagus, Sanggar Angklung Sabilulungan ABK Garut merupakan kolaborasi pelajar disabilitas dari 6 sekolah yang ada di Kabupaten Garut, meliputi SLB Muhammadiyah Karangpawitan Garut, SLB YKB A, SLB YKB C, SLBN B, SLB Al Barkah, dan SLB Al Masduki.

Diakui Bagus, saat ini sekolah ABK yang ada di Kabupaten Garut masih kekurangan akan sarana dan prasarana dalam menunjang pendidikan bagi kaum disabilitas.

"Semoga dengan penampilan Sanggar Angklung Sabilulungan ABK Garut, Kemendibud RI lebih memberikan perhatian terhadap sekolah ABK, khususnya yang ada di Kabupaten Garut. Bagaimanapun juga pelajar disabilitas merupakan generasi penerus bangsa yang akan turut serta dalam menentukan nasib bangsa di masa mendatang," ujar Bagus.*

 

Baca : Siswa SMPN 1 Cilawu Pukau Mendikbud