JMS Cegah Pelajar Lakukan Pelanggaran Hukum

Sabtu, 16 Maret 2019 08:22 Dedi Sofwan NewSmart

JMS Cegah Pelajar Lakukan Pelanggaran Hukum

 

Koropak.co.id - Jaksa Masuk Sekolah (JMS) merupakan sebuah sinergitas antara Kejaksan Negeri (Kejari) Garut dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut dalam upaya mencegah pelanggaran hukum yang dilakukan oleh kalangan pelajar, baik tingkat SMP maupun SMA.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si saat dikonfirmasi Koropak, Jumat (15/3/2019) perihal acara JMS yang digelar di SMPN 4 Garut, Rabu (13/3/2019).

Dikatakan Totong, banyak manfaat yang diterima oleh para siswa melalui program JMS tersebut. Para siswa akan tahu bagaimana cara menggunakan teknologi informasi yang benar, bagaimana bahayanya apabila menggunakan narkoba, bagaimana akibatnya kalau para siswa melakukan buliying terhadap sesama rekan dan bagaimana sanksi hukum apabila ada anak yang melakukan tawuran antar pelajar.

"JMS sangat sejalan dengan program pemerintah yakni Penguatan Pendidikan Karakter yang tertuang dalam Perpres Nomor 87 tahun 2017," ucapnya.

 

JMS Cegah Pelajar Lakukan Pelanggaran Hukum

 

Totong berharap JMS akan melahirkan siswa yang bertaqwa, berani, mandiri, displin, taat azas dan taat aturan. Menurut Totong, saat ini pihaknya belum mendapat laporan tentang tindakan melanggar hukum yang dilakukan oleh pelajar yang ada di Kabupaten Garut.

"Diharapkan tidak ada dan jangan sampai ada pelanggaran,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kata Totong, pihaknya terus melaksanakan program program yang berhubungan dengan penguatan karakter seperti gerakan embun pagi, JMS dan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) secara terus menerus.

“Para pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang nantinya akan menjadi pemimpin bangsa dimasa depan, tentunya sudah menjadi kewajiban kita semua untuk membimbing dan memberikan ilmu pengetahuan yang baik dan bermanfaat. Termasuk pengetahuan tentang hukum," ujarnya.*

 

Baca : Kejari Sosialisasikan Jaksa Masuk Sekolah