Pondok Pesantren Suryalaya

Jum'at, 26 Januari 2018 09:28 Eris Kuswara Ponpes

Pondok Pesantren Suryalaya

Metode Pembersihan Jiwa

Koropak.co.id - Pesantren Suryalaya beralamat di Godebag Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. Berdiri pada awal 1905, Pondok Pesantren Suryalaya didirikan oleh Syekh Abdullah Mubarok atau yang dikenal dengan panggilan Abah Sepuh, yang berpijak pada ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah (TQN).

Pada masa perintisan, Pondok Pesantren Suryalaya mengalami banyak hambatan, baik dari pemerintah kolonial Belanda, masyarakat sekitar pesantren, dan juga lingkungan geografis yang cukup menyulitkan. Hingga akhirnya pada 5 September 1905, Abah Sepuh dapat mendirikan sebuah pesantren, berupa sebuah mesjid yang terletak di Kampung Godebag, Desa Tanjung Kerta Kabupaten Tasikmalaya.

Nama Suryalaya diambil dari istilah Sunda yaitu Surya yang berarti Matahari, dan Laya yang berarti Tempat Terbit. Jadi, Suryalaya secara harfiah mengandung arti Tempat Matahari Terbit. Adapun dalam kelembagaan pendidikan, di Pondok Pesantren Suryalaya terbagi dua, yaitu pendidikan formal dan non-formal. Untuk informasi lebih lengkap terkait bidang studi hingga pendaftaran bisa menyambangi laman resminya di www.suryalaya.org.*

Baca Lebih lengkap : Pondok Pesantren Suryalaya