BP2IP Tangerang Segera Bertransformasi Jadi Politeknik

Minggu, 10 Maret 2019 15:28 Dede Hadiyana Kuliah

BP2IP Tangerang Segera Bertransformasi Jadi Politeknik



Koropak.co.id - Kepala Seksi Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan BP2IP Tangerang R. Herlan Guntoro. MM., menjelaskan transformasi dari Balai Pendidikan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang menuju Politeknik Pelayaran Banten merupakan pencapaian yang luar biasa, sehingga perlu adanya pengembangan organisasi sekaligus tambahan Sumber Daya Manusia.

"Kami sudah perhitungkan, kekurangan sejumlah jabatan struktural dan fungsional, karena untuk di Politeknik sendiri dipimpin oleh seorang Direktur yang dibantu oleh 3 orang Wakil Direktur di antaranya Wadir I Bidang Akademik, Wadir II Bidang Keuangan dan Umum, serta Wadir III Bidang Kemahasiswaan," ucapnya.

Selain itu, lanjut Herlan, akan ada penambahan Eselon III dan Eselon IV serta unit-unit yang lainnya. Hal tersebut dilakukan berdasarkan Undang-undang Pendidikan Tinggi nomor 12 tentang Standar Pendidikan Tinggi.

 

Koropak.co.id - BP2IP Tangerang Segera Bertransformasi Jadi Politeknik

 

Baca : Dies Natalis ke-15 BP2IP Tangerang Berkarya

"Mau tidak mau, kalau memang sudah bertransformasi menjadi politeknik, maka harus ada pengembangan organisasi. Untuk proses transformasi BP2IP Tangerang sendiri, saat ini sudah sampai evaluasi dari Menpan dan sudah masuk usulan menteri untuk direstui," katanya.

Nantinya, kata herlan, proses tersebut akan diteruskan dan membuat statuta atau kerangka anggaran, termasuk susunan jabatan-jabatan yang baru melalui mekanisme dan ketentuan yang berlaku dari peraturan Menteri Perhubungan. Termasuk pula adanya program studi baru, yakni Manajemen Transportasi Laut, dan prosesnya sudah sampai akreditasi.

"Jadi, ketiga jurusan yang kami punya, sudah mendapat akreditasi langsung dari Menristekdikti sebagai syarat berdirinya politeknik," katanya.*

 

Baca pula : BP2IP Tangerang Komitmen Berguna Bagi Masyarakat