Poltekkes Tasikmalaya Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Kamis, 07 Maret 2019 18:31 Nanang Rusdiana Kuliah

Poltekkes Tasikmalaya Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

 

Koropak.co.id - Mahasiswa Prodi D-III Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Tasikmalaya menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di Madrasah Da'arul Falah, Jalan Leuwianyar RT 02/RW 03 Kelurahan Sukamanah Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, Rabu (7/3/2019).

Sebagai pendampingan pemberdayaan dan pengembangan RW 03 Siaga Aktif di Kelurahan Sukamanah, kegiatan tersebut mencakup bermacam agenda, antara lain pemeriksaan tekanan darah, golongan darah, serta donor darah yang merupakan kerjasama antara mahasiswa Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Prodi Kebidanan, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Kebidanan Poltekkes, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tasikmalaya.

Kepada Koropak, Ketua Pelaksana, Melia Sinta mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan akhir dari rangkaian kegiatan pendataan terkait permasalahan kesehatan serta melanjutkan program RW Siaga yang digulirkan masyarakat setempat.

"Tidak hanya donor darah saja, terdapat kegiatan lainnya seperti pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan golongan darah secara gratis," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Poltekkes Tasikmalaya Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis (3)

 

Pelaksanaan KKN mahasiswa Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya di RW 03 tersebut sudah berlangsung selama 3 pekan, sejak 18 Februari 2019 dan akan berakhir Sabtu (9/3/2019) lusa. Sebagai rangkaiannya, digelar pula penanaman tumbuhan pengusir nyamuk Lavender, penyuluhan mengenai bahaya merokok, serta penyuluhan tabungan bersalin.

"Sebelumnya, kita menggelar sosialisasi dan menampung data apa yang dikeluhkan masyarakat terkait dengan kesehatan ke setiap rumah. Alhamdulillah, kami bangga atas antusias serta partisipasi dari masyarakat, pihak dosen, dan pihak puskesmas yang turut mendukung dalam kegiatan kami," kata Melia.

Melia berharap, baik masyarakat maupun lingkungan sekitar mampu untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya, salah satunya dengan meningkatkan kebersihan lingkungannnya.

"Kami berharap pula, program yang sudah dijalankan warga, yakni RW 03 Siaga ini tetap berjalan dan bangkit kembali dengan keikutsertaan masyarakat, termasuk Karang Taruna yang harus lebih aktif lagi dalam menjalankan program tersebut," ucapnya.*

 

Baca : Dukung Program Pemerintah Menuju Kota Sehat