Pendaftaran Calon Taruna DP IV Dibuka

Minggu, 24 Februari 2019 09:29 Dede Hadiyana Kuliah

Pendaftaran Calon Taruna DP IV Dibuka


Koropak.co.id - Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang melaksanakan penerimaan Taruna Tahun Diklat 2019/2020, dengan struktur Pendidikan dan latihan (Diklat) yang dilaksanakan selama 2 tahun, yang terbagi dalam 1 tahun teori di kampus dan 1 tahun praktek di kapal dengan Sertifikat Kompetensi Ahli Nautika Tingkat IV (ANT-IV) atau Ahli Teknika Tingkat IV (ATT-IV).

Seleksi penerimaan Calon Taruna Diklat Pelaut IV (DP-IV) Pembentukan dibuka mulai 1 Februari 2019 hingga 21 Juni 2019. Usai melaksanakan pendaftaran, calon taruna memasuki masa seleksi administrasi pada 24 Juni 2019.

Selanjutnya calon taruna kembali memasuki beberapa tahapan seleksi, yakni seleksi kesehatan pada 25-26 Juni 2019, seleksi kesamaptaan pada 27-28 Juni 2019, seleksi psikotes pada 1 Juli 2019, seleksi akademik pada 2 Juli 2019, seleksi wawancara pada 4 Juli 2019, dan pengumuman hasil seleksi pada 17 Juli 2019.

Tahapan selanjutnya adalah daftar ulang pada 17-26 Juli 2019. Calon taruna masuk asrama mulai 29 Juli 2019, dilanjutkan diklat orientasi kepelautan pada 30 Juli 2019 sampai 2 Agustus 2019, kemudian masa dasar pembentukan karakter pada 5-17 Agustus 2019, dan awal kegiatan belajar mulai 19 Agustus 2019.

 

 

Koropak.co.id - Pendaftaran Calon Taruna DP IV Dibuka

 

Baca : BP2IP Tangerang Buka Penerimaan Calon Taruna


Adapun persayaratan administrasi calon Taruna Diklat Pelaut DP IV (ANT-IV atau ATT-IV) Pembentukan yakni berusia tidak lebih dari 23 tahun, berkelakuan baik dibuktikan dengan SKCK dari kepolisian atau Surat Keterangan Kelakuan Baik dari sekolah bagi yang belum berusia 17 tahun.

Calon taruna juga diharuskan belum menikah yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan atau kecamatan setempat, serta sanggup tidak menikah selama pendidikan. Jika dinyatakan lulus seleksi, calon taruna menyerahkan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) atau transkip hasil nilai Ujian Negara (UN) yang sudah dilegalisir sebanyak 1 lembar.

 

Baca : BP2IP Tangerang Bekali Calon Pelaut dengan Bermacam Kompetensi


Perlu diketahui, seleksi administrasi di BP2IP Tangerang meliputi pemeriksaan kelengkapan dokumen yang diserahkan kepada panitia. Seleksi kesehatan meliputi pengecekan fisik calon taruna dengan kriteria badan sehat jasmani dan rohani, tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 154 cm untuk wanita.

Calon taruna juga tidak boleh bertato atau bekas tato. Bagi pria, tidak diperbolehkan bertindik atau bekas tindik, baik di daun telinga atau di bagian tubuh lainnya. Pada seleksi kesemaptaan, para calon taruna harus mengikuti pengujian ketahanan fisik dan mental berupa lari, sit-up, push-up, shuttle-up, dan keterampilan bahari sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Kemudian ada seleksi akademik meliputi test potensi akademik, yang dilanjutkan dengan seleksi psikotest dan seleksi wawancara.

Untuk menghindari penipuan, para pendaftar atau calon taruna dilarang berhubungan dengan orang lain selain petugas pendaftaran resmi, dan apabila masih terdapat informasi yang kurang jelas, dpat ditanyakan langsung ke sekertariat SIPENCATAR, atau informasi melalui website www.bp2ip-tng.sch.id dengan email pendaftaran@bp2ip-tng.sch.id. Bisa juga datang langsung ke Kampus BP2IP Tangerang, Jalan Raya Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang Banten.*

 

Baca pula : Lulusan BP2IP Tangerang Sudah Banyak Penuhi Kebutuhan SDM Pelayaran