BP2IP Tangerang Tingkatkan Kompetensi Keahlian Pelaut

Kamis, 21 Februari 2019 14:26 Dede Hadiyana Kuliah

BP2IP Tangerang Tingkatkan Kompetensi Keahlian Pelaut


Koropak.co.id - Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang melaksanakan penerimaan siswa Diklat Pelaut III Peningkatan/Penyetaraan Tahun Diklat 2019 bagi para pelaut Niaga pemegang Sertifikat keahlian Pelaut ANT-IV/ATT-IV serta para pelaut perikanan pemegang Sertifikat ANKAPIN/ATKAPIN I, yang ingin meningkatkan kompetensi keahlian pelautnya.

Untuk pendaftaran dan seleksi dilakukan setiap hari kerja mulai Senin sampai Jumat pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Setelah lolos seleksi, siswa memasuki masa awal kegiatan belajar. Untuk gelombang pertama, Diklat Orientasi Pelaut telah dilaksanakan pada 3 hingga 5 Januari 2019, dan saat ini tengah dalam masa peembelajaran yang akan berlangsung hingga 22 Juni 2019 mendatang.

Untuk Gelombang II Diklat Orientasi Pelaut dilaksanakan pada 4 hingga 6 April 2019 dan pembelajaran dilaksanakan mulai 8 April hingga September 2019. Sementara untuk Gelombang III, Diklat Orientasi Pelaut dilaksanakan pada 18 hingga 20 Juli 2019 dan pembelajaran pada 22 Juli hingga 21 Desember 2019.

Adapun persyaratan administrasi calon siswa Diklat Pelaut III Peningkatan/Penyetaraan (ANT-III/ATT-III) mencakup jenis kelamin pria dengan usia 18 tahun atau lebih. Memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Kepelautan (STTPK) Diklat Pelaut IV (DP-IV) berdasarkan STCW 1978 Amendemen 1995, atau Sertifikat Pendidikan dan Pelatihan kepelautan (SPPK) Diklat Pelaut-IV Pembentukan Kompetensi Kepelautan SMK Pelayaran.

 

 

Koropak.co.id - BP2IP Tangerang Tingkatkan Kompetensi Keahlian Pelaut

 

Baca : BP2IP Tangerang Bekali Calon Pelaut Dengan Bermacam Kompetensi

Bisa juga dengan SPPK DP-IV Peningkatan Kompetensi Kepelautan sesuai STCW 1978 Amendemen 2010 Manila atau Ijazah Ahli Nautika/Teknika Kapal Penangkap Ikan I (ATKAPINN-I).

Calon peserta seleksi juga harus memiliki masa layar paling sedikit 30 bulan, atau ANT/ATT-IV Manajemen yang memiliki masa layar paling sedikit 12 bulan pada kapal berukuran 500 GT atau pada kapal berukuran 750 Kw atau lebih.

Bagi pemilik sertifikat keahlian ATKPINN-I, harus memiliki masa layar sekurang-kurangnya 60 bulan, dan setelah menyelesaikan Diklat Pelaut III bidang keahlian Nautika/Teknika. Para calon seleksi juga wajib menyelesaikan kembali Praktek Laut (PRALA) sebagai bagian dari Diklat Pelaut III bidang keahlian Nautika/Teknika.

 

Baca : BP2IP Tangerang Buka Penerimaan Calon Taruna

PRALA tersebut untuk memperoleh masa layar yang diakui paling sedikit 12 bulan sebagai Kadet yang didokumentasikan dalam buku catatan pelatihan yang diakui atau Approved Training Record Book. Juga telah melaksanakan tugas dinas jaga di kamar mesin, di bawah supervisi atau perwira yang berkompeten dengan periode paling sedikit 6 bulan.

Dokumen persyaratan yang harus diserahkan para calon peserta seleksi di antaranya formulir pendaftaran yang telah dilengkapi sebanyak satu lembar, fotokopi Ijazah SLTP atau SMU atau sederajat yang telah dilegalisir sebanyak tiga lembar, fotokopi Ijazah ANT/ATT-IV atau fotokopi Ijazah ANKAPIN/ATKAPIN-I yang telah dilegalisir sebanyak satu lembar.

Selain itu, disertai fotokopi STTPK Diklat DP-IV yang telah dilegalisir sebanyak satu lembar, surat masa berlayar asli dan fotokopi sebanyak satu lembar dari Syahbandar (Adpel) kelas utama, fotokopi akte kelahiran sebanyak satu lembar, serta SKCK asli.

BP2IP Tangerang sangat mengimbau agar calon pendaftar tidak berhubungan dengan pihak ketiga. Apabila ada hal yang kurang jelas dapat ditanyakan langsung ke Sekretariat SIPENCASIS, atau informasi melalui Website www.bp2ip-tng.sch.id dengan E-mail pendaftaran@bp2ip-tng.sch.id. Atau daftar secara langsung di Kampus BP2IP Tangerang Jalan Raya Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang Banten.*

 

Baca pula : Menuju Politeknik, BP2IP Tangerang Matangkan Persiapan