Masa Diklat Gelombang II DP V Dimulai April 2019

Kamis, 21 Februari 2019 10:11 Dede Hadiyana Kuliah

Masa Diklat Gelombang II DP V Dimulai April 2019


Koropak.co.id - Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang membuka kesempatan bagi para pelaut Niaga pemegang Sertifikat Keahlian Pelaut ANT-D/ATT-D atau Able Seafarer Deck/Engine yang ingin meningkatkan kompetensi keahlian pelautnya, untuk mendaftarkan diri dalam Diklat Pelaut V Peningkatan (ANT-V/ATT-V) Tahun Diklat 2019.

Pendaftaran dibuka setiap hari kerja, Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Setelah melakukan pendaftaran, kemudian dinyatakan lolos seleksi administrasi dan kesehatan, siswa memasuki masa diklat orientasi pelaut yang dilanjutkan ke masa pembelajaran. Seperti halnya siswa DP V gelombang pertama, saat ini tengah ada dalam masa pembelajaran yang akan berlangsung sampai 13 April 2019.

Untuk gelombang II, diklat orientasi pelaut digelar pada 4 hingga 6 April 2019 dan pembelajaran mulai 8 April hingga 27 Juli 2019. Sementara untuk gelombang III, diklat orientasi pelaut dilaksanakan pada 27 hingga 29 Juni 2019 dan pembelajaran pada 1 Juli sampai 5 Oktober 2019. Sedangkan gelombang IV, diklat orientasi pelaut dilaksanakan pada 26 hingga 28 September 2019 dan pembelajaran pada 30 September 2019 hingga 18 Januari 2020.

Adapun persyaratan administrasi calon siswa DP V Peningkatan (ANT-V/ATT-V) Tahun 2019 meliputi pria dengan usia 18 tahun atau lebih, dan memiliki Ijazah minimal SLTP atau sederajat. Calon siswa juga diharuskan memiliki Sertifikat ANT-D/ATT-D atau Able Seafarer Deck/Engine sesuai STCW Amendemen 2010 dengan masa berlayar minimal 24 bulan.

 

 

Koropak.co.id -BP2IP Tangerang Buka Penerimaan DP-V

 

Baca : Teknika dan Nautika BP2IP Tangerang

Masa berlayar dihitung sampai Sign Off saat mendarat.sebagai Juru Mudi pada kapal berukuran 500 GT atau lebih dan juru minyak pada kapal berukuran 750 Kw atau lebih, serta memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan kepelautan (STTPK) Diklat sesuai STCW 1995 Amendemen 2010.

Pada dokumen persyaratan yang harus diserahkan para calon siswa meliputi formulir pendaftaran yang telah dilengkapi sebanyak satu lembar, fotocopy Ijazah SLTP atau SMU atau sederajat sebanyak tiga lembar, fotocopy Ijazah ANT-D/ATT-D yang telah dilegalisir sebanyak satu lembar, dan fotocopy STTPK Diklat DTPD atau Able Seafarer yang telah dilegalisir sebanyak satu lembar.

Dokumen lainnya yang harus diserahkan yakni Surat masa berlayar asli dan fotocopy sebanyak dua lembar dari Syahbandar (Adpel) yang ditunjuk dan berwenang, serta fotocopy akte kelahiran sebanyak satu lembar dan SKCK asli.

Tidak hanya itu, calon siswa juga harus menyerahkan fotocopy Sertifikat Diklat Keterampilan Pelaut (DKP), untuk jurusan Nautika diantaranya BST, AFF, SCRB, MFA, dan SAT. Sedangkan untuk jurusan Teknika sendiri yakni BST, AFF, SCRB, MFA, dan SAT.

 

Baca : BP2IP Tangerang Buka Pendaftaran Tahun Diklat 2017/2018

Print Out dari Data Base Pelaut www.pelaut.dephub.go.id serta fotocopy KTP atau tanda bukti diri yang sah sebanyak satu lembar juga wajib diserahkan calon siswa yang disertai bkti pelunasan biaya pendaftaran dan seleksi penerimaan calon siswa DP-V Peningkatan serta pas foto terbaru berwarna ukuran 3x4 sebanyak tiga lembar.

Pada pelaksanaan seleksi yang meliputi lulus seleksi persyaratan administrasi dan seleksi kesehatan dengan pemeriksaan kesehatan pelaut berbadan sehat jasmani dan rohani, serta kesehatan mata dan telinga. Lulus seleksi kesehatan pelaut ditentukan dari rumah sakit yang telah mendapatkan Appropal dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan ditunjuk oleh juga BP2IP Tangerang.

Biaya seleksi para calon siswa sebesar Rp 650.000, serta biaya Diklat terbagi menjadi 2 kategori yakni Nautika sebesar Rp 7.600.000, dan Teknika Rp. 7.800.000.

Tempat Pendaftaran calon siswa berada di Kampus BP2IP Tangerang Jalan Raya Karang Serang No 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang Banten. Kepada calon pendaftar juga disarankan agar tidak berhubungan dengan pihak ketiga. Apabila kurang jelas dapat ditanyakan langsung ke Sekretariat SIPENCASIS, atau informasi melalui Website www.bp2ip-tng.sch.id dengan E-mail pendaftaran@bp2ip-tng.sch.id.*

 

Baca pula : BP2IP Tangerang Gelar Uji Keahlian