Tranformasi Menuju Politeknik Pelayaran Banten

Jum'at, 01 Maret 2019 20:50 Dede Hadiyana Kuliah

Tranformasi Menuju Politeknik Pelayaran Banten

 

Koropak.co.id - Tahun 2020 mendatang, Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang akan bertransformasi menjadi Politeknik Pelayaran Banten. Hal tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar BP2IP Tangerang.

Demikian disampaikan Kepala BP2IP Tangerang, Joni Turiska, selepas peringatan Dies Natalis ke-15 BP2IP Tangerang yang diselenggarakan di Kampus BP2IP Tangerang, Jalan Raya Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang Banten, Rabu (27/2/2019).

"Dengan transformasi menjadi politeknik, kewenangan kami bertambah besar, sehingga mendorong kami untuk melakukan penambahan program studi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)," katanya.

Sebelumnya, kata Joni, BP2IP Tangerang memiliki dua program studi, yakni Diklat Pelaut III (DP-III) dan Diklat Pelaut IV (DP-IV). Ke depannya, akan bertambah program studi Diklat Diploma, yakni Diploma III Nautika, Diploma III Permesinan Kapal dan Diploma III Manajemen Transportasi Laut.

 

 

Koropak.co.id - Tranformasi Menuju Politeknik Pelayaran Banten

 

Baca : BP2IP Tangerang Komitmen Berguna Bagi Masyarakat


Sejauh ini, ujar Joni, progres transformasi menuju Politeknik Pelayaran Banten terus berjalan. Pihak kampus terus mempersiapkan keperluan transformasi tersebut sejak dua tahun lalu, baik persiapan fasilitas ruang kelas, hingga perlengkapan pendukung pendidikan seperti labolatorium dan alat simulator.

"Ke depan, kita akan lebih banyak lagi menerima para peserta Diklat yang akan melakukan pendidikan di Politeknik Pelayaran Banten," kata Joni.

Terkait capaian, ucap Joni, di usia ke-15 tahun BP2IP Tangerang telah mencetak 5.000 lulusan, baik dari jurusan Nautika ataupun Teknika. Sebagian besar di antaranya ada yang bekerja di instansi pemerintahan maupun instansi swasta, khususnya di bidang industri maritim.*

 

Baca pula : Dies Natalis Ke-15 BP2IP Tangerang Berkarya