Manfaat Menggambar dan Mewarnai Bagi Anak

Rabu, 20 Februari 2019 19:09 Erni Nur'aeni TipSmart

Manfaat Menggambar dan Mewarnai Bagi Anak

 

Koropak.co.id - Menggambar dan mewarnai merupakan salah satu cara menuangkan imajinasi ke dalam bentuk visual melalui aktivitas membuat goresan-goresan yang dihasilkan oleh alat gambar berupa pensil, pulpen atau lainnya. Bagi anak-anak, menggambar atau mewarnai menjadi hal yang menyenangkan. Manfaatnya sangat bagus untuk meningkatkan kreativitas mereka, terutama sensor gerak motoriknya.

Menggambar dan mewarnai juga menjadi media berekspresi anak-anak. Bahkan menggambar dan mewarnai menjadi cara bagi anak untuk mengungkapkan perasaaan yang sedang dialaminya, baik sedih, maupun gembira. Baiknya, biasakan anak untuk melakukan aktivitas mewarnai, entah itu menggunakan krayon, pensil warna maupun spidol warna sejak dini agar dapat membedakan antara warna yang satu dengan warna lainnya.

 

 

Koropak.co.id - Manfaat Menggambar dan Mewarnai Bagi Anak (2)

 

Baca : Menentukan Waktu Mengajarkan Anak CALISTUNG

Hal ini tentunya dapat mempermudah mereka dalam mencampur dan memadukan warna. Kemampuan inilah yang akan membantu anak dalam berkreasi seiring dengan perkembangan usia mereka dan terhindar dari buta warna.

Warna menjadi media terapi yang kerap kali digunakan sebagai bahasa global untuk membaca emosi seseorang. Jika seorang anak mewarnai matahari dengan warna-warna gelap seperti hitam atau abu-abu, bisa jadi menandakan kemarahan mereka saat itu.

Terlepas dari itu, warna sendiri menjadi alat terapi untuk meringankan stres pada si kecil setelah lelah seharian beraktivitas. Mewarnai juga merupakan aktivitas yang dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak. Hal tersebut sangat penting dalam pertumbuhannya.*

 

Baca pula : Kiat Jitu Belajar Menyenangkan