Cara Cepat Dalam Menghafal Pelajaran

Rabu, 13 Februari 2019 19:21 Erni Nur'aeni TipSmart

Cara Cepat Dalam Menghafal Pelajaran


Koropak.co.id - Setiap menghadapi ujian, salah satu kebiasaan siswa adalah kurangnya persiapan ujian. Makanya materi-materi soal yang diberikan akan terasa sangat sulit. Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengingat setiap materi yang diberikan saat ujian.

Langkah pertama, sebelum melakukan kegiatan belajar adalah mengatur serta membereskan meja belajar. Meja belajar serta ruangan yang rapi akan memberikan rasa nyaman kepada saat belajar. Berbeda halnya dengan suasana meja yang berantakan dan alat tulis dimana-mana, itu akan menghambat saat menghafal pelajaran.

Selanjutnya, menyatukan gambar dan tulisan. Salah satu cara ini akan mempermudah dalam menyerap informasi yang dibutuhkan. Informasi berbentuk visual akan lebih cepat meresap kedalam otak. Hal ini berlaku untuk semua mata pelajaran. Kemudian merekam sesuatu yang ingin diingat melalui gawai. Jika mendengarkan rekaman secara berulang maka otak akan menyerap materi-materi tersebut.

Buatlah sebuah cerita, untuk membantu otak menyerap potongan besar dari informasi. Trik lain yang bisa dicoba untuk memecah informasi adalah dengan membuat cerita yang menghubungkan setiap potongan informasi. Bisa juga bermain dengan imajinasi untuk tingkat yang lebih besar. Cerita tersebut dapat membuat pikiran tidak terbatasi.

Misalnya, untuk menghafal rumus kimia yang rumit, cukup mengubah nama molekul dengan nama manusia yang diawali dengan huruf yang sama. Salah satu contohnya 'Carol' menjadi 'Klorin', dan membuat sebuah cerita kecil di mana rumus tersebut menjadi sebuah karakter molekul dalam formula yang memiliki sifat-sifat sama dengan manusia.

 

Koropak.co.id - Cara Cepat Dalam Menghafal Pelajaran

 

Ini bisa menjadi metode yang sangat efektif untuk sebuah pembelajaran dengan informasi yang rumit. Contoh lain salah satunya Glukosa dia itu tipenya manis, periang dan bisa menjadi teman baik bagi semua makhluk hidup.

Hafalkan satu pelajaran dahulu, setelah selesai dan mahir baru bisa beralih ke pelajaran selanjutnya. Hindari menghafal semua mata pelajaran dalam satu waktu, sebab ini akan membuat otak menjadi sulit dalam menyerap materi.

Menghafal sambil melakukan kegiatan olahraga pun sangat bisa dilakukan, selain untuk kesehatan jasmani juga bisa mengingat pelajaran dengan baik. Pola makan pun akan berpengaruh terhadap konsentrasi dalam menghafal. Cobalah makan makanan begizi seperti susu, telur, ikan, kerang, kacang, millet, jagung, lily, lada, bayam, jeruk, teh, nanas, wortel, alpukat, kubis, jamur, aprikot, anggur, dan blueberry. Ini akan memberikan sumber energi baik bagi tubuh dibandingkan dengan makanan yang banyak mengandung MSG.

Dan perhatikan pula pola tidur setiap hari. Menjaga tidur yang baik akan meningkatkan daya ingat otak. Waktu tidur yang tepat akan membantu kita memiliki performa yang baik, mempertahankan kelincahan mental dan menangkal stres dan kelelahan.*