Lomba Pramuka Skala Jabar 2019 Segera Dihelat

Sabtu, 09 Februari 2019 15:32 Eris Kuswara Eskul

Lomba Pramuka Skala Jabar 2019 Segera Dihelat


Koropak.co.id - Pramuka Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya akan menggelar Lomba Pramuka Semarak Lomba Pramuka Latifah Mubarokiyah (Skala) Jabar 2019 di Kampus IAILM Suryalaya pada 23 hingga 24 Februari 2019 mendatang. Mengusung tema "Gali Potensi, Raih Prestasi dan Jadi Pandu Sejati", lomba tersebut akan diikuti oleh tingkat SLTP dan SLTA Sederajat se-Jawa Barat.

Saat berkunjung ke Kantor Redaksi Koropak, Sabtu (9/2/2019) Penanggungjawab kegiatan Skala Jabar 2019, Putri Ayu Diah Lestari mengatakan tujuan diadakannya Skala Jabar 2019 sebagai ajang silaturahmi serta merayakan Milad Pramuka IAILM Ambacana ke-4 yang jatuh pada 26 Februari 2019.

"Milad dirayakan dengan berbagai perlombaan Pramuka seru. Ini juga merupakan kegiatan kali ketiga diadakan, namun setiap tahunnya sering berganti-ganti nama seperti untuk tahun ketiga ini diberi nama Skala.

Adapun bermacam lomba pramuka yang terbagi dalam dua jenjang yakni untuk tingkatan SMP serta tingkatan SMA. Untuk lomba tingkatan SMP meliputi Smart Scout Competition (SSC) dengan anggota 3 Orang (putra/putri), Pionering dengan anggota 3 Orang (putra/putri), Tahfidz Qur'an sebanyak 1 Orang (putra/putri) serta Semaphore Dance dengan anggota 10 Orang.

Sedangkan untuk lomba tingkatan SMA meliputi Musabaqoh Syarhil Qur'an (MSQ) untuk 3 Orang(putra/putri), Miniatur Rumah Adat untuk 3 Orang (putra/putri), Perkusi untuk 10 Orang, LKBB untuk 10 Orang (putra/putri) serta Presentasi Proposal untuk 2 Orang (putra/putri).

 

 

Koropak.co.id - Lomba Pramuka Skala Jabar 2019 Segera Dihelat 1

 

Baca : Raimuna Ajang Pendidikan Karakter Pramuka

Ditambahkan Putri, dalam perlombaan tersebut akan diambil 5 juara meliputi 2 juara umum yang digolongkan berdasarkan satuan pendidikan meliputi SMP dan SMA dengan hadiah berupa piala dan piagam penghargaan. Kemudian 3 juara utama meliputi juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan hadiah berupa trofi, piagam penghargaan serta uang pembinaan.

"Melihat lomba di tahun kemarin, peserta yang terdaftar sebanyak 300 peserta, maka untuk tahun ini kami menargetkan peserta yang mendaftar sebanyak 800 peserta dikarenakan mata perlombaannya turut bertambah serta skalanya pun ikut diperbesar menjadi se-Jawa Barat," ucap Putri.

Selain itu, lanjut Putri, salah satu alasan panitia mengambil tingkat even se- Jawa Barat, adalah untuk memperluas jaringan kepesertaan dan mendapatkan para pemenang baru. Karena sudah 2 tahun berturut-turut juara umum lomba Pramuka IAILM dipegang oleh juara bertahan Cisirna Kabupaten Tasikmalaya.*

 

Baca : Mengulang Kesuksesan Scout Fest 2018

 

Berita Terkait