BP2IP Tangerang Sambut Baik Rekrutmen PT Sinarmas

Rabu, 16 Januari 2019 10:43 Clara Aditia NewSmart

BP2IP Tangerang Sambut Baik Rekrutmen PT Sinarmas

 

Koropak.co.id - Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang menyambut baik adanya rekrutmen dari PT Sinarmas LDA Maritime yang dilakukan di Auditorium Kampus BP2IP Tangerang, Jalan Raya Karang Serang, Tangerang Banten, Jumat (11/1/2019).

Kepada Koropak, Kepala Unit KPA BP2IP Tangerang, Jusva Agus Muslim, S.Sit.,M.Mar.E menuturkan program rekrutmen tersebut merupakan bagian program dari BP2IP Tangerang untuk menyediakan kesempatan bagi para taruna agar terafiliasi dengan para stakeholder di dunia kemaritiman, termasuk para pemilik usaha pelayaran.

"Selain perekrutan, dalam kesempatan tersebut perusahaan juga melakukan presentasi, menjelaskan prosedur bekerja di atas kapal, sehingga ketika mereka bekerja, mereka sudah siap dengan apa yang harus mereka hadapi. Menjadi pelaut harus tahu safety and security," ucapnya.

Terkait alokasi jumlah taruna yang direkrut, dijelaskan Agus, pihak kampus menyerahkan kepada pihak perusahaan, sebab pihak perusahaan juga harus membagi ke sekolah lain.

"Perusahaan di sini mencari bibit unggul yang terbaik, yang nantinya akan direkrut sebagai crew yang sesungguhnya. Jadi tidak hanya berhenti sampai di sini," ujarnya.

 

Koropak.co.id - BP2IP Tangerang Sambut Baik Rekrutmen PT Sinarmas (1)

 

Baca : Sinarmas Jaring Bibit Unggul BP2IP Tangerang

 

Semakin tahun, kata Agus, semakin banyak perusahaan merekrut cadet. Hal ini turut dipengaruhi rekam jejak cadet BP2IP Tangerang terdahulu yang telah bisa membuktikan bahwa cadet BP2IP Tangerang merupakan cadet profesional yang bisa diterima di dunia kerja kelautan, juga di tengah masyarakat.

"PT Sinarmas banyak anak perusahaannya, mulai dari properti, kelapa sawit, termasuk maritim. Nantinya setelah perekrutan, para cadet akan dilihat performa, jika bagus akan dikontrak. Kalau seandainya kinerja mereka terus baik, bukan tidak mungkin mereka akan direkrut jadi crew, entah itu mualim atau masinis," kata Agus.

Agus berpesan kepada para cadet untuk senantiasa meningkatkan kapasitas diri guna mampu bersaing di tengah industri kerja dunia kelautan.

"Hidup itu keras, hidup itu persaingan, hidup itu perjuangan. Bekali diri kalian dengan senjata untuk berperang. Namun bukan dengan senjata api ataupun senjata tajam, tetapi senjata pengetahuan dan keterampilan. Perkuat pengetahuan, tingkatkan keterampilan sehingga kalian bisa survive di tengah persaingan dunia tenaga kerja kelautan," ucap Agus.*

 

Baca pula : Kemenpan RB Nilai BP2IP Siap Menjadi Politeknik Pelayaran Banten