BP2IP Tangerang Bekali Calon Pelaut dengan Bermacam Kompetensi

Senin, 14 Januari 2019 11:31 Didit Fauzi Kuliah

BP2IP Tangerang Bekali Calon Pelaut dengan Bermacam Kompetensi

 

Koropak.co.id - Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan luas, maka minat anak muda bekerja sebagai pelaut tidak pernah surut. Tidak mengherankan, sekolah pelayaran pun tersebar di seluruh wilayah di Indonesia untuk mencetak SDM-SDM di bidang pelayaran yang diperlukan pasar.

Hal itu turut menjadi komitmen Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang untuk memberikan pembekalan yang baik dan bermutu bagi para taruna.

Berdasarkan pantauan Koropak di Kampus BP2IP Tangerang yang beralamat di Jalan Raya Karang Serang Nomor 1, Tangerang, Banten, Kamis (10/1/2019), BP2IP Tangerang tengah mengadakan pelatihan skil dan wawasan Pelaut yang diharuskan dimiliki oleh taruna, yaitu pelatihan Advance Fire Fighting (AFF).

Pelatihan tersebut bertujuan  agar taruna lebih mengenal cara dan prosedur memadamkan kebakaran di atas kapal serta mengetahui jenis-jenis alat pemadam kebakaran. 

Pengajar, Abdul Azis menuturkan pelajaran ini bertujuan untuk membekali kompetensi kepada calon taruna dan taruni untuk meningkatkan kualitas di bidang pelayaran sehingga saat diimplementasikan dalam karirnya kelak, para taruna siap dengan kondisi apapun yang terjadi di atas kapal termasuk kebakaran.

 

 

koropak.co.id - BP2IP Bekali Calon Pelaut dengan Bermacam Kompetensi

 

Baca : Lulusan BP2IP Tangerang Sudah Banyak Penuhi Kebutuhan SDM Pelayaran

 

“Tidak menutup kemungkinan terjadi kecelakaan di atas kapal yang disebabkan oleh api. Hal ini memang sangat tidak diinginkan oleh semua pekerja baik di pabrik maupun di atas kapal. Namun, dengan adanya fasilitas pelatihan di BP2IP, kami ingin memanfaatkannya secara maksimal dengan mempraktikannya secara langsung,” katanya.

Contohnya, kata Azis, pelaut harus mengetahui jenis-jenis alat pemadam kebakaran, pelaut harus bisa mengetahui penyebab kebakaran, pelaut juga mengerti prosedur dan kerja sama team dalam memadamkan kebakaran dan pembelajaran yang lainnya,”ujarnya

Azis menambahkan dengan adanya pelatihan ini, diharapkan pula para taruna mempunyai jiwa kepemimpinan, kedisiplinan, dan kecekatan agar saat ada masalah yang terjadi dalam kapal bisa ditangani dengan cepat.

“Harapan kami untuk BP2IP tanggerang setelah menjadi politeknik, bisa terus berkembang dalam segala bidang, baik pembelajaran maupun fasilitas penunjang. Kami juga harapkan BP2IP terus bersinergi melahirkan seorang pelaut yang kompeten dan berkualitas ,” kata Azis.*

 

Baca : Kemenpan RB Nilai BP2IP Tangerang Siap Menjadi Politeknik Pelayaran Banten