Menuju Politeknik, BP2IP Tangerang Matangkan Persiapan

Jum'at, 11 Januari 2019 07:19 Clara Aditia NewSmart

Menuju Politeknik, BP2IP Tangerang Matangkan Persiapan

 

Koropak.co.id - Menuju peningkatan status kelembagaan dari balai menjadi politeknik, Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang terus mematangkan kesiapan. Termasuk pula menerima visitasi dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Kampus BP2IP Tangerang yang beralamat di Jalan Raya Karang Serang Nomor 1, Tangerang, Banten, Kamis (10/1/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Deputi Assesmen dan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Kelembagaan II Kemenpan RB, Hastori Mafis bersama Kepala Bagian Umum Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementrian Perhubungan Emmy Suhartie, serta Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementrian Perhubungan Retno Dewayani.

Dijumpai Koropak di ruang kerjanya, Kepala BP2IP Tangerang Joni Turiska menuturkan meningkatnya status menjadi Politeknik, mendorong BP2IP Tangerang untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga, termasuk dengan upaya menambah jurusan, dari sebelumnya hanya 2 jurusan, yakni Nautika dan teknika. Kini bertambah dengan jurusan Tata Laksana Kepelabuhan.

 

 

Koropak.co.id - Menuju Politeknik, BP2IP Tangerang Matangkan Persiapan

 

Baca : Hasil Visitasi Kemenpan RB Memuaskan

 

"Meningkatnya status kelembagaan juga mendorong kita merubah mind set, dari awalnya menyiapkan SDM kompeten untuk mengelola kapal niaga ke depan. Namun sekarang dituntut juga untuk mampu menyiapkan SDM yang kompeten untuk di pelabuhan," kata Joni.

Seiring dengan penambahan jurusan, maka akan bertambah pula volume jumlah taruna. Oleh sebab itu, pihak kampus menyiapkan pula fasilitas seperti ruang kelas, asrama, ruang makan, dan fasilitas lainnya yang merupakan satu kesatuan tak terpisahkan dari kampus, yang peranannya sebagai sarana pendukung untuk kelancaran proses belajar para taruna.

"Kepada putra putri Indonesia terbaik, segera daftarkan diri jadi calon taruna ke BP2IP yang akan segera berubah menjadi Politeknik Ilmu Pelayaran Banten. Mari bersama menuntut ilmu di sini, upgrade skill guna menjadi SDM transportasi yang dibutuhkan di tingkat nasional maupun internasional," ucap Joni.

Sementara itu, dalam kegiatan visitasi tersebut, Joni memaparkan kesiapan BP2IP Tangerang untuk peningkatan status dari balai menjadi politeknik.

"Visitasi dari Kemenpan RB merupakan bagian dari proses perubahan kelembagaan BP2IP Tangerang menuju Politeknik, yang sebelumnya telah dilaksanakam visitasi oleh Kementrian Pendidikan Tinggi," ucapnya.

Hasil visitasi Kemenpan RB, kata Joni, sangat memuaskan. Besar harapan Joni, proses peningkatan status kelembagaan yang sedang dilaksanakan guna menjadikan BP2IP sebagai politeknik bisa terwujud segera.

"Target dan harapan kita, ortaker Politeknik sudah disetujui Kemenpan RB, sehingga peningkatan status jadi Politeknik bisa secepatnya dilaksanakan sebelum masa penerimaan Calon Taruna Baru," ucapnya.*