Ratusan Santri Baru Sukamanah Dicerahkan

Sabtu, 07 Juli 2018 12:23 D. Farhan Kamil Ponpes

Ratusan Santri Baru Sukamanah Dicerahkan

Koropak.co.id - Ratusan santri baru Pondok Pesantren (Pontren) Sukamanah, duduk dan berkumpul di halaman pontren, untuk mengikuti Taujihat, sebagai kegiatan wajib tahunan di setiap awal tahun ajaran, Jumat (6/7/2018) malam.

Sekretaris Pontren Sukamanah, KH. A. Rusytam Hazm mengatakan, kegiatan ini khusus diikuti santri baru, sebagai kegiatan awal sebelum kegiatan belajar dimulai.

Baca pula : Pontren Sukamanah Gelar Haflah Mahadiyah

"Saat ini, tercatat ada 456 santri baru tahun ajaran 2018/2019 di antaranya dari kepulaun Riau dan Lampung. Mereka terlebih dahulu akan dikenalkan dengan segala hal yang berkaitan dengan pesantren ini, mulai dari organisasi, aturan/norma dan ketentuannya termasuk sejarah keberadaan pesantren yang dimulai dari perjuangan Almarhum Almaghfurullah KH. Zainal Mustafa," ucap KH. Atam.

Ratusan Santri Baru Sukamanah Dicerahkan

KH. Atam menegaskan, dari Taujihat ini, para santri baru dibekali pemahaman dasar tentang pentingnya semangat dan kesungguhan dalam mencari ilmu sebagai bekal masa depan yang kian kompleks dengan tantangan dan permasalahannya.

"Kita terapkan dasar-dasar kedisiplinan, agar para santri ke depan memiliki kesadaran terhadap waktu, aturan dan tujuan hidup masing-masing," ujarnya.

Baca pula : Ketua MK Kuliahi Ribuan Santri

Sementara itu, panitia Taujihat, Ona Suryana mengatakan, dengan adanya Taujihat, santri baru bisa mengenal pesantren lebih jauh dan menjadi bekal untuk melaksanakan seluruh kegiatan pesantren secara serius dan disiplin.

Adapun materi Taujihat, kata Ona, di antaranya tentang sejarah pesantren sukamanah dan pengenalan organisasi pesantren, pengenalan proses belajar, bimbingan ibadah, norma-norma kepesantrenan, tata tertib dan kedisiplinan dan lainnya.*