Pondok Pesantren Darussalam

Selasa, 19 Desember 2017 08:05 Eris Kuswara Ponpes

Pondok Pesantren Darussalam

Berawal dari Kandang Ayam

Koropak.co.id - Pendirian Pondok Pesantren Darussalam bersamaan dengan jalannya proses pendirian Pendidikan Formal Menengah SMP Terpadu Darussalam yang berpijak pada Pokok Ajaran Islam dan Ukhuwah Islamiyah dengan pola keterpaduan kurikulum antara kurikulum dari KMI Gontor, Salafiyah dan Pendidikan Formal Menengah Depdiknas dengan system Boarding School yang mengkonsentrasikan belajarnya selama 24 jam di asrama.

Bermula dari sebuah kandang ayam yang memiliki kapasitas sebanyak 3000 hingga 3500 ekor ayam potong. Kurang lebih selama 3 tahun berdirilah Pondok Pesantren Darussalam. Turut dibantu dengan dukungan dari masyarakat serta memiliki cita-cita yang tinggi dari Pendiri Pondok Pesantren, pada akhirnya kandang ayam tersebut menjelma menjadi sebuah Pesantren dan lembaga Pendidikan Formal Menengah SMP Terpadu Darussalam sesuai dengan harapan masyarakat.

Pondok Pesantren Darussalam


Nama Darussalam diambil sebagai nama Pesantren tersebut, yang diartikan sebagai sebuah harapan besar Pendiri Pondok bahwa kelak Pesantrennya menjadi kebanggaan layaknya Pondok Modern Darussalam Gontor Jawa Timur yang menjadi almamaternya. Makna dari Darussalam sendiri berarti Kampung Damai yang diharapkan bahwa Pesantren Darussalam mempunyai peran beasr dalam kehidupan masyarakat di Indonesia yang membawa kedamaian.

Makna selanjutnya adalah dengan tidak merendahkan bahwa nama Darussalam diambil dari kata yang mudah dicerna oleh masyarakat, sesuai dengan asal mulanya tempat Pondok Pesantren tersebut dari kandang ayam yaitu Darul Ayam menjadi Darussalam Kampung Damai.

Pondok Pesantren Darussalam sendiri terletak di Tanjungpura, Rajapolah, Tasikmalaya. Memiliki situs resmi yaitu http://www.darussalam-tasik.or.id menjadi bukti kemajuan dari perkembangan pesantren tersebut. Pondok Pesantren Darussalam dilengkapi dengan berbagai fasilitasnya yaitu Asrama Santri Putra dan Putri, Ruang Kelas Putra dan Putri, Perpustakaan, Lab. Bahasa, Lab. IPA, Lab. Komputer, Masjid, Sarana Olahraga seperti Futsal, Voli, Basket, Tenis Meja dan Bulutangkis, Dapur, Kantin, Koperasi Pelajar, dan lainnya.

Keluarga besar dari Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya


Dalam bidang pendidikan, Pondok Pesantren Darussalam juga menyediakan berbagai jurusan, yaitu :

1. Pesantren atau Kesantrian
Pondok Pesantren Darussalam ini menerapkan system pendidikan yang mengkonsentrasikan kegiatan belajar mengajar selama 24 jam bersistem asrama (Boarding School) dengan didasari oleh Panca Jiwa Pondok (Keikhlasan, Kesederhanaan, Kemandirian, Ukhuwah Islamiyah dan kebebasan) yang ditambah dengan motto Pesantren tersebut adalah berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berpikiran bebas.

2. SMP Terpadu
Sekolah Menengah Pertama yang didirikan Pondok Pesantren Darussalam ini sudah terakreditasi A dan pada tahun 2014 juga telah mendapatkan predikat sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN) serta Sekolah Berbasis Pesantren (SBP).

3. SMA Terpadu
Begitu juga dengan Sekolah Menengah Atas dari Pondok Pesantren Darussalam ini juga telah mendapatkan akreditasinya dengan nilai A.

Sedangkan untuk kurikulum yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Darussalam yaitu dengan memadukan 3 kurikulumnya, kurikulumnya tersebut diantaranya :
- KMI Gontor Ponorogo Jawa Timur
- Salafiyah serta menghafal Al-Qur'an dengan berorientasi ke arah pendidikan modern
- SMP atau SMA Terpadu Darussalam dari Kemendikbud

Pondok Pesantren Darussalam juga menyediakan berbagai kegiatan sebagai penunjang para santrinya, antara lain :

1. Belajar Mengajar
Kegiatan belajar mengajar dari Pondok Pesantren ini adalah dengan menggunakan sistem pendidikan yang mengkonsentrasikan kegiatan belajar mengajar selama 24 jam di asrama (Boarding School). Adapun kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren ini dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan 14.50 WIB, sedangkan untuk kegiatan dan pelajaran olahraga dilaksanakan setelah sholat Ashar.

2. Pengajian
Kegiatan pengajian ini rutin diadakan di Pondok Pesantren Darussalam untuk bapak-bapak dan Ibu-ibu BKMM. Pengajian ini diperlukan untuk menjaga tali silaturahmi antara masyarakat sekitar pondok. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada setiap hari selasa untuk pengajian ibu-ibu dan hari kamis untuk pengajian bapak-bapak.

Sedangkan untuk pengajian bulanannya, Pondok Pesantren menggelarnya secara rutin dengan mendatangkan para mubaligh baik dari daerah Tasikmalaya maupun di luar tasikmalaya. Sehingga seluruh santri ataupun santriwati beserta gurunya wajib mengikuti kegiatan pengajian bulanan ini.

3. Sholat Berjama'ah
Untuk pelaksanaan dari sholat berjamaah di Pondok Pesantren ini dapat terkondisikan secara berjama'ah lima waktu di masjid.*