Deklarasi Melawan Radikalisme Perguruan Tinggi

Rabu, 13 Desember 2017 05:23 Eris Kuswara Kuliah

Deklarasi Melawan Radikalisme Perguruan Tinggi

Politeknik Piksi Ganesha Bandung Ikut Berpartisipasi

Koropak.co.id - Dalam aksi nasional Deklarasi Aksi Kebangsaan dalam Melawan Radikalisme Perguruan Tinggi se-Indonesia yang diselenggarakan di Nusa Dua Bali pada 25-26 September 2017. Politeknik Piksi Ganesha Bandung ikut berpartisipasi dan bergabung bersama 3.000 pimpinan perguruan tinggi lainnya.

Presiden Direktur Piksi Ganesha, Dr. H. K. Prihartono AH. Drs, S.Sos, S.Kom, MM, turut hadir dalam deklarasi tersebut. Dikatakan Prihartono, perguruan tinggi berperan sangat penting bagi pengembangan keilmuan melalui kegiatan pendidikan, pengembangan penelitian, dan peran pengabdian kepada masyarakat agar sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Peran tersebut sangat strategis dalam upaya membentengi semakin luasnya gerakan radikalisme dan intoleransi yang merongrong Pancasila dan NKRI. Kegiatan ini juga jadi ajang silaturahmi antar Perguruan Tinggi se-Indonesia, juga konsolidasi dan dapat mendorong sinergitas di antara Perguruan Tinggi,” ujar Prihartono.

Deklarasi Melawan Radikalisme Perguruan Tinggi
Kuliah Akbar Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme di Monumen Perjuangan 


Adapun deklarasi tersebut memuat lima poin penting, di antarannya adalah satu ideologi Pancasila, satu konstitusi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Satu Negara Kesatuan Republik Indonesia, Satu Semboyan Bhinneka Tunggal Ika, dan Satu Tekad Melawan Radikalisme dan Intoleransi.

Prihartono tidak datang sendirian, tapi membawa serta seluruh perguruan tinggi yang tergabung dalam Konsorsium Piksi Ganesha. Beberapa pimpinan perguruan tinggi yang tergabung dalam Konsorsium Piksi Ganesha di antaranya Ari Waluyo dari Politeknik Dharma Patria, Virginita dari AMA Dharmala Yogyakarta, Bloko Budi dari Akademi Telekomunikasi Bogo. Adapula Sri Wahyuningsih dari Akbid Isma Husada, Bisma Indrawan dari Amik Veteran Purwokerto, Nurrahman dari STMIK Pamitraan Karawang, dan Daldiri dari AMIK Sultan Agung Bekasi.

Selang satu bulan berikutnya, Politeknik Piksi Ganesha Bandung juga ikut berpartisipasi dalam acara Kuliah Akbar Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme sekaligus Memperingati Sumpah Pemuda dengan mengirimkan 1.635 orang di Monumen Perjuangan Jawa Barat, pada 28 Oktober 2017.

Politeknik Piksi Ganesha turut bergabung bersama Perguruan Tinggi lainya se-Jawa Barat dengan jumlah peserta sekitar 50.000 orang civitas Akademika baik dari unsur dosen, staf dan mahasiswa dari 200 Perguruan Tinggi. Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 89 itu juga turut digelar serentak di 6 Zona di Jawa Barat.

Dalam Kegiatan kuliah akbar tersebut diisi oleh beberapa tokoh penting di antaranya Kapolda Jawa Barat, Presiden Direktur Piksi Ganesha, Rektor UNPAR Bandung, dan masih banyak Pimpinan Perguruan Tinggi se-Jawa Barat yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Presiden Direktur Politeknik Piksi Ganesha Bandung Ganesha Bapak Dr. H. K. Prihartono AH. Drs., S.Sos., S.Kom., MM. Dalam orasinya disebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari Deklarasi Kebangsaan Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Indonesia dalam Melawan Radikalisme pada tanggal 25 – 26 September 2017 Bersama Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo di Nusa Dua Bali.*