Profesi yang Cocok Bagi Lulusan Perhotelan

Rabu, 13 Desember 2017 05:15 Eris Kuswara TipSmart

Profesi yang Cocok Bagi Lulusan Perhotelan

 

Koropak.co.id - Indonesia merupakan salah satu negara kaya akan keindahan alam semestanya. Maka itu banyak wisatawan yang hobi berlibur di berbagai argo wisata indonesia untuk menikmati pemandangan, budaya, serta kuliner nusantara, termasuk pendatang.

Dengan keindahannya Indonesia dikenal dan dicintai oleh masyarakat penjuru dunia. Oleh karena itu profesi-profesi bidang perhotelan dan pariwisata sangatlah dibutuhkan. Oleh karena itu beberapa perguruan tinggi di Indonesia menyediakan program studi perhotelan dan pariwisata. Berikut, Koropak telah merangkum 8 profesi cocok bagi lulusan perhotelan dan pariwisata.

1.Housekeeper
Housekeeper merupakan pekerjaan perhotel dalam cabang room divisi. Ketika menjadi housekeeper, Anda punya peran merawat kebersihan hingga melayani kebutuhan customer hotel. Kelihatannya seperti pekerjaan mudah, padahal tidak boleh sembarangan. Ada berbagai aturan dan tata cara dalam merawat kebersihan hotel yang perlu Anda terapkan.

2. Receptionist Hotel
Selain housekeeper yang bekerja di hotel, Anda bisa bekerja sebagai receptionist hotel. Umumnya, receptionist hotel menerima kedatangan tamu hotel, mengurusi reservasi kamar hotel, menerima berbagai pertanyaan mengenai berbagai informasi hotel termasuk reservasi via telepon, memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh setiap tamu hotel, Tidak kalah penting Anda mesti bisa bahasa asing, termasuk bahasa inggris.

3. Tour Guide atau Tour Leader
Anda punya hobi travel? Sangat pas bagi lulusan perhotelan. Profesi tour guide tidak kalah pentingnya bagi pencinta traveling. Bukan hanya jalan-jalan saja yang bakal Anda rasakan. Tapi bertemu banyak orang dari seluruh penjuru dunia, begitu juga ilmu pengetahuan dan wawasan semakin bertambah. Oleh sebab itu, selain hobi jalan-jalan Anda wajib punya kemampuan berbahasa asing baik tertulis maupun lisan, punya wawasan yang luas tentang sejarah lokasi argo wisata negara tujuan pariwisata, serta yang tidak kalah penting aktif berkomunikasi.

4. Chef
Berikutnya Anda bisa jadi chef. Umumnya kalau Anda berminat jadi chef berarti saat kuliah Anda bisa memilih jurusan perhotelan tata boga yang terbagi ke dalam beberapa cabang, seperti; chef dan pastry chef. Chef lebih ke arah belajar membuat makanan dan minuman. Kalau pastry chef lebih ke pembuatan kue dan roti. Bahkan, lulusan perhotelan tata boga bisa membuka usaha kuliner sendiri.

5. Wirausahawan bidang pariwisata dan perhotelan
Bisnis salah satu pekerjaan yang sedang diminati oleh banyak kalangan. Menjalin bisnis merupakan salah satu solusi menarik untuk mendapatkan penghasilan. Begitu juga selepas lulus nanti, Anda punya kesempatan besar sebagai seorang wirausahawan bidang perhotelan dan pariwisata.

6. Travel agent service
Perusahaan-perusahaan travel agent sangatlah membutuhkan posisi travel agent service. Nah, travel agent ini layaknya seorang customer service di sebuah perusahaan. Bedanya, travel agent service bagian yang mengurusi layanan travel meliputi; pemesanan tiket perjalanan, pemesanan penginapan, pemilihan paket tour guide, akomodasi, menerima keluhan customer, dll. Ada dua cara kerja yang bisa Anda lakukan, via telepon atau secara langsung bertemu dengan banyak customer.

7. Waitres
Ilmu waitres masuk ke dalam bidang mata kuliah pariwisata dan perhotelan. Akan tetapi lebih terfokus ke manajemen perhotelan. Walaupun pekerjaan ini bisa dilakoni hanya sekedar ijazah SMA / SMK, ijazah sarjana juga dibutuhkan untuk profesi ini. Profesi ini banyak dibutuhkan oleh resto dan cafe. Untuk menjadi seorang waitres atau pelayan, semasa kuliah Anda diajarkan bagaimana pelayanan di resto dan cafe.*