Hindari Kebiasan Buruk Berikut Saat Belajar

Rabu, 13 Desember 2017 05:01 Eris Kuswara TipSmart

Hindari Kebiasan Buruk Berikut Saat Belajar

Kebiasaan Belajar Pengaruhi Penyerapan Materi

Koropak.co.id - Tanpa disadari, kebiasaan belajar sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran yang selama ini dilakukan. Tahukah Anda bahwa kebiasaan belajar yang salah bisa menjadikan Anda gagal dalam pembelajaran sehingga hasilnya pun jelek. Berikut kebiasaan-kebiasaan belajar yang dapat membuat nilai ujian atau pelajaran jelek:

1. Belajar sambil tiduran
Ingatlah, posisi belajar sangat berpengaruh pada keberhasilan belajar Anda. Terkadang banyak orang yang malas belajar sambil duduk melainkan lebih memilih belajar sambil tiduran. Perlu diketahui bahwa, belajar sambil tiduran tidak akan efektif. Karena Anda akan sangat susah untuk cepat menghafal dan memahami materi.

2. Sistem Kebut Semalam atau SKS
Kebiasaan buruk inilah yang paling tidak baik untuk dilakukan jika Anda ingin mendapatkan nilai bagus saat ujian. Faktanya, belajar SKS memang bisa membuat Anda cepat menghafal dan memahami materi pembelajaran yang Anda baca, akan tetapi untuk keesokan harinya otomatis Anda akan lupa semua materi pembelajaran yang sudah Anda hafalkan dan pahami.

Hindari Kebiasan Buruk Berikut Saat Belajar
3. Multitasking

Jarang ada orang yang bisa melakukan aktivitas multitasking atau melakukan dua aktivitas sekaligus. Tapi, ketika belajar tentu bisa. Saat belajar ya fokuslah. Jangan lakukan aktivitas multitasking. Belajar sambil mutitasking juga termasuk hal yang dilarang. Belajar Anda akan sangat terganggu sehingga Anda tidak bisa konsentrasi dan lebih fokus dengan hal kedua yang Anda lakukan.

4. Belajar pasif
Belajar secara aktif dapat memudahkan otak Anda untuk memahami pelajaran yang Anda pelajari. Janganlah untuk melakukan belajar pasif, dalam artian belajar hanya dengan membaca dan menghafal. Belajar yang benar adalah belajar yang aktif, sambil menyalinnya, sambil membuat ringkasan, dan sambil menjelaskan ke orang-orang tentang apa yang sudah Anda pelajari.

Bagaimana? Semoga dapat menjadi referensi Anda untuk lebih giat dalam belajar.*