Pertimbangan Kuliah Bahasa Korea

Rabu, 13 Desember 2017 04:52 Eris Kuswara TipSmart

Pertimbangan Kuliah Bahasa Korea

Jurusan Bahasa Korea Masih Jarang

koropak.co.id - Anda sedang bingung menentukan keinginan kuliah jurusan Bahasa Korea?Berikut Koropak akan mengulas pertimbangan kuliah jurusan Bahasa Korea yang bisa menjadi referensi pertimbangan untuk masuk jurusan Bahasa Korea. Korea yang terkenal dengan produk elektronik, K-Pop, K-Drama, kosmetik dan pariwisatanya sukses membius banyak orang sehingga banyak orang kini mulai tertarik untuk mempelajari bahasa dan budayanya.

Namun meski sudah tenar, tidak bisa dimungkiri bahwa masih banyak stereotip yang berkembang di masyarakat bahwa jurusan Bahasa Korea itu jurusan yang susah dapat pekerjaan di masa depan karena terlalu tersegmen. Padahal tidak juga. Oleh karena itu, mari simak ulasan pertimbangan berikut.

1. Universitas yang membuka jurusan Sastra Korea masih sangat terbatas di Indonesia. Artinya, lulusannya belum sebanyak jurusan lain sehingga saingan belum banyak. Di Indonesia, universitas yang membuka jurusan Sastra Korea masih sangat terbatas. Dilansir dari ayokuliah.id, hanya ada 4 universitas di Indonesia yang membuka jurusan Bahasa Korea yaitu UGM, UI, UPI dan UNAS.

2. Membuka banyak kesempatan baru dengan jumlah saingan yang relatif tidak sebanyak jurusan lainnya. Korea termasuk negara yang sangat peduli dengan pendidikan dan murah hati dalam memberikan beasiswa. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk masuk jurusan ini, siap-siap saja menemukan banyak kesempatan menarik selama berkuliah di jurusan Bahasa Korea. Mulai dari kesempatan magang kerja, bertemu dengan mahasiswa-mahasiswi Korea yang melakukan kunjungan ke Indonesia, menjadi host event-event Korea di Indonesia, dan lainnya.

3. Tidak semua mahasiswa jurusan Bahasa Korea harus jadi K-popers. Jadi tidak usah cemas masa perkuliahan akan jadi canggung. Banyak yang menganggap orang-orang masuk jurusan Bahasa Korea itu harus mengerti dan menyukai hal-hal K-Pop atau budaya Korea mereka seperti musik, fashion dan dramanya. Padahal tidak juga. Banyak mahasiswa yang masuk jurusan ini murni karena tertarik dengan kesempatan kerja yang luas dengan pesaing yang relatif belum banyak.

4. Bertemu banyak dosen native yang ramah dan tidak pelit ilmu. Rata-rata mereka adalah volunteer terpilih dari Korea, jadi kualitas mereka sudah pasti tidak perlu diragukan lagi. Selama berkuliah di jurusan Bahasa Korea, ada banyak kemungkinan Anda akan diajar oleh dosen penutur asli Bahasa Korea. Selain membimbing dalam belajar bahasa Korea, mereka juga nantinya akan banyak berbagi tentang kebudayaan asli Korea.

5. Mahasiswi jurusan Bahasa Korea lebih banyak daripada mahasiswanya. Yakinlah kalau itu sama sekali tidak akan mengubah jati diri Anda. Pria maupun wanita di jurusan ini akan diperlakukan sama karena ini tempatnya belajar. Bahkan, karena jumlahnya yang masih relatif sedikit, pria jurusan Bahasa Korea banyak diincar dunia kerja oleh perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia.

10. Kesempatan untuk bekerja sangat luas. Semua itu tergantung usaha, keuletan dan integritas masing-masing. Justru kalau kuliah di jurusan ini, banyak interviewer yang akan tertarik ketika membaca CV karena lulusan Bahasa Korea itu sangat jarang. Jangan lupa juga asah soft skill agar pas bekerja tidak dianggap hanya tahu Bahasa Korea saja.

Bagaimana, sudah tidak galau lagi kan untuk melanjutkan kuliah di jurusan Bahasa Korea? Pastinya kuliah di jurusan Bahasa Korea tidak selalu alasannya karena suka hal-hal berbau Korea. Bisa jadi karena ingin coba hal baru atau karena ingin kerja di perusahaan-perusahaan Korea. Apapun itu, yang penting wajib bertanggungjawab dengan pilihan kuliah Anda sendiri.*