Plus Minus Sistem Kebut Semalam

Senin, 04 Desember 2017 13:49 Eris Kuswara TipSmart

Plus Minus Sistem Kebut Semalam

Cepat Turunkan Daya Ingat

koropak.co.id - Sistem kebut semalam atau SKS merupakan hal yang sering dilakukan bagi para pelajar. Terkadang hal ini sering dilakukan karena Anda gak punya banyak waktu untuk belajar. Pernah gak sih Anda berpikir bahwa sebenarnya sistem kebut semalam itu bagus apa gak ya? Mendengar kata sistem kebut semalam Anda pasti berpikir bahwa sistem kebut semalam itu tentunya berdampak negatif. Sebenernya sih, sistem kebut semalam itu ada dampak positif dan dampak negatifnya. Hemmm, kira-kira apa ya dampak positif dan negatifnya? Penasaran? Yuk, perhatikan dampak positif dan dampak negatif dari belajar secara SKS!

Dampak positif :
1. Lebih menghargai waktu
Tentunya Anda yang sering belajar secara SKS pastinya ada alasannya. Entah itu Anda sibuk les, sibuk bermain, dll. Di saat Anda harus belajar secara SKS, itu pasti karena Anda pengen lebih menghargai waktu yang ada. Anda merasa masih punya waktu buat belajar, ya kenapa gak pakai waktu itu untuk belajar. Biasanya belajar secara SKS itu sering dilakukan di saat waktu ujian berdekatan. Karena Anda pengen dapet nilai bagus jadilah Anda belajar secara SKS. Kalau kebanyakan dari Anda yang gak bisa menghargai waktu, pasti Anda gak bakalan belajar.

2. Lebih serius belajarnya
Jika Anda memutuskan untuk belajar secara SKS, Anda jadinya lebih serius belajarnya karena Anda hanya punya waktu yang singkat untuk belajar. Anda gak bisa punya banyak waktu untuk belajar karena keesokan harinya Anda harus menghadapi ujian.

3. Dapat membina kesadaran diri
Disaat Anda tahu kalau Anda gak punya banyak waktu buat belajar karena keesokan harinya Anda harus ujian, maka dari itu Anda secara sadar belajar dengan waktu yang singkat. Belajar secara SKS dapat membina atau melatih kesadaran diri sendiri kalau belajar itu sangat penting dilakukan. Anda juga sadar kalau ternyata Anda harus rajin belajar.

4. Lebih cepat menghafal
Dikala Anda sedang belajar secara SKS, pastinya Anda jauh lebih cepat menghafal materi pembelajaran. Hal ini dikarenakan Anda memiliki konsentrasi belajar yang tinggi. Semakin tinggi konsentrasi belajarmu semakin cepat pula Anda menghafal materi pembelajaran yang Anda pelajari.


Dampak negatif :
1. Daya ingat cepat menurun
Setiap manusia memiliki daya ingat yang berbeda-beda. Ada yang daya ingatnya kuat dan ada juga yang daya ingatnya lemah. Belajar secara SKS itu memang sih bisa membuat Anda cepat menghafal materi pembelajaran. Akan tetapi juga bisa membuat daya ingat Anda cepat menurun karena belajar secara SKS hanya membutuhkan waktu yang singkat dan Anda gak ada waktu lagi buat mengulang kembali pelajaran yang telah Anda pelajari.

2. Kurang tidur
Anda yang sering belajar secara SKS pastinya jam tidur Anda bakalan kacau kan? Anda gak punya waktu tidur yang cukup sehingga Anda kurang tidur. Manusia memiliki waktu tidur minimal 7 jam per hari. Karena Anda kekurangan tidur jadinya Anda sering ngantuk ketika belajar di kelas.

3. Kesehatan terganggu
Selain Anda merasa kurang tidur akibat belajar secara SKS, kesehatanmu bisa terganggu juga loh. Berhati-hatilah karena Anda bisa terserang penyakit serangan jantung, gangguan hati, dan bisa sampai menyebabkan kematian. Hal ini dikarenakan organ tubuhmu tidak berfungsi dengan baik akibat organ tubuh yang kurang beristirahat.

4. Gak menjamin bisa mendapatkan nilai bagus
Belajar secara SKS itu gak menjamin Anda untuk bisa mendapatkan nilai bagus soalnya belajar secara SKS itu bukan merupakan cara belajar yang efektif dan efisien. Belajar efektif dan efisien itu membutuhkan waktu yang lama, sedangkan belajar secara SKS hanya membutuhkan waktu yang singkat.*