Prodi Aeronautika dan Astronautika

Kamis, 05 April 2018 07:05 Eris Kuswara Kuliah

Prodi Aeronautika dan Astronautika

Koropak.co.id - Teknik Aeronautika, atau lebih dikenal dengan sebutan teknik penerbangan ini merupakan bidang ilmu yang mengajarkan tentang pengkajian, perancangan dan pembuatan mesin-mesin yang memiliki kemampuan terbang, atau teknik-teknik pengoperasian pesawat terbang serta roket yang berada di dalam lingkup atmosfer.

Sedangkan untuk Astronautika merupakan teori dan praktek navigasi di luar atmosfir bumi. Selain itu istilah astronautika ini diciptakan oleh analogi dengan aeronautika, karena dalam tingkat tertentu kedua bidang ini bisa mengalami tumpang tindih teknologi dan istilah kedirgantaraan juga sering digunakan untuk menggambarkan kedua istilah ini.

Dalam segi Teknik Astronautika, para profesional akan mendesain dan membangun sebuah unit seperti pesawat ulang-alik serta stasiun luar angkasa. Sementara untuk Astronautika itu sendiri merupakan subjek yang sedikit khusus yang membuat para insinyur dan ilmuwan dalam bidang ini harus memiliki pengetahuan yang banyak tentang bidang yang berbeda.

Ditambah lagi pesawat terbang juga merupakan produk teknologi tinggi yang perkembangannya bisa dijadikan tolok ukur bagi perkembangan teknologi tinggi di dunia saat ini.

Prodi Aeronautika dan AstronautikaSehingga, Aeronotika dan Astronotika menjadi bidang keilmuan yang paling banyak diminati bagi para pencinta teknologi tinggi, pecinta kerja sama, dan penyuka tantangan. Pada akhirnya para mahasiswa di sana akan mempelajari perpaduan disiplin ilmu teknik fisika, mesin, material, kimia, elektro, informatika dan lainnya.

Untuk prospek kerja lulusan Aeronautika dan Astronautika ini, mereka dapat bekerja di berbagai industri penerbangan seperti industri manufaktur, Industri jasa perawatan pesawat, perusahaan maskapai penerbangan, industri telekomunikasi, dan Departemen Perhubungan Udara.

Ditambah lagi lulusan ini juga dapat bekerja pada bidang teknik seperti industri otomotif, industri konstruksi umum, oil company, dan teknologi informasi. Kemudian untuk universitas yang menyediakan jurusan teknik ini salahsatunya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).*

Penulis : E. Kuswara