Mengenal 3 Jurusan Bahasa Inggris

Rabu, 04 April 2018 08:19 Eris Kuswara TipSmart

Mengenal 3 Jurusan Bahasa Inggris

 

Koropak.co.id - Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang selalu dipakai untuk beragam kebutuhan seperti kebutuhan sekolah, kuliah, bekerja, serta berkomunikasi dengan berbagai macam orang asing. Bahkan di berbagai negara, bahasa Inggris ini selalu menjadi patokan untuk berkomunikasi jika kita tidak bisa menggunakan bahasa dari negara tersebut.

Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda bisa berbahasa Inggris, karena masih banyak juga masyarakat yang kurang mampu berbahasa Inggris. Ketidakmampuan yang dimilikinya tersebut dikarenakan malas belajar atau tidak menyukai bahasa Inggris. Untuk bisa menguasai bahasa Inggris, Anda harus belajar baik secara online ataupun les private.

Namun untuk Anda yang masih bersekolah, maka kemampuan bahasa Inggris tersebut dapat membantu Anda masuk ke perguruan tinggi. Karena pasalnya, terdapat beberapa perguruan tinggi yang mewajibkan setiap calon peserta didiknya untuk bisa berbahasa Inggris.

 

Mengenal 3 Jurusan Bahasa Inggris

 

Jurusan Bahasa Inggris merupakan ilmu yang mempelajari pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan berbahasa Inggris. Setiap mahasiswa jurusan Bahasa Inggris selama melaksanakan studi akan dibekali pembelajaran bahasa Inggris mulai dari tingkat paling dasar hingga tingkat paling akhir.

Ilmu yang dipelajari tersebut mulai dari pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang mencakup aspek-aspek menulis (writing), membaca (reading), berbicara (speaking), mendengarkan (listenning), serta belajar teknik dan praktek tata bahasa yang baik dan benar seperti vocabulary, grammar, dan pronountation.

Ditambah lagi lulusan jurusan Bahasa Inggris ini memiliki prospek kerja yang luas dikarenakan hampir semua bidang pekerjaan perlu menggunakan bahasa Inggris seperti, bekerja sebagai Tenaga Pengajar, Penyiar Radio, Penulis, Hubungan Masyarakat, Translatetor, Editor media cetak, bekerja di bidang IT dan lainnya.

Pada umumnya jurusan Bahasa Inggris hanya tersedia untuk jenjang D3 seperti di Universitas Gadjah Mada, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Hassadunin, Universitas Diponegoro, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Teknologi Yogyakarta, dan lainnya.

Sedangkan untuk jurusan Sastra Inggris sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi akan dunia kesusastraan kuno maupun modern. Hal yang membedakannya dengan jurusan Bahasa Inggris, jurusan ini tidak hanya belajar bahasa saja melainkan secara menyeluruh.*