Meteorologi Institut Teknologi Bandung

Selasa, 03 April 2018 11:10 Eris Kuswara Kuliah

Meteorologi Institut Teknologi Bandung

Koropak.co.id - Berbicara mengenai meteorologi, jurusan ini merupakan ilmu yang mempelajari berbagai masalah atmosfer seperti halnya suhu, udara, cuaca, angin serta berbagai sifat fisika dan kimia atmosfer lainnya yang bisa digunakan untuk keperluan prakiraan cuaca.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, meteorologi ini bisa didefinisikan sebagai cabang dari ilmu geografi yang mempelajari tentang segala ciri-ciri fisik dan kimia atmosfer untuk meramalkan keadaan cuaca khususnya di suatu tempat dan umumnya di seluruh dunia.

Meteorologi Institut Teknologi BandungSelain itu dengan studi Meteorologi ini, para mahasiswanya bisa mempelajari segala ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai semua gejala alam yang terjadi dimuka bumi ini. Ditambah lagi tenaga ahli bidang Meteorologi ini juga sangatlah dibutuhkan untuk menangani berbagai peristiwa gejala alam.

Sedangkan untuk prospek kerjanya sendiri tentunya para lulusan Meteorologi akan mengambil peran dalam memprediksi atau memperkirakan gejala-gejala alam apa yang akan terjadi.

Pada umumnya setelah mereka lulus nanti bisa bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lembaga penelitian seperti LIPI, perusahaan penyedia alat Meteorologi, serta bisa menjadi tenaga pendidikan Meteorologi. Salhsatu universitas yang menyediakan jurusan ini yakni Institut Teknologi Bandung yang terletak di Bandung Jawa Barat.*

Penulis : E. Kuswara