Solusi Buat Kamu yang Ingin Pintar Bahasa Inggris

Senin, 02 April 2018 11:41 Eris Kuswara TipSmart

Solusi Buat Kamu yang Ingin Pintar Bahasa Inggris

Tes Bahasa Inggris Bantu Lanjutkan Kuliah

Koropak.co.id - Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir semua negara di dunia termasuk dengan negara Indonesia. Selain itu dengan adanya Bahasa Inggris ini akan mempermudah seseorang dalam berkomunikasi dengan berbagai orang yang ada di berbagai negara. Maka dari itulah mengapa Bahasa Inggris sangatlah penting untuk dipelajari.

Oleh karena itu tidak mengherankan jika zaman sekarang sudah banyak orangtua yang mengajarkan Bahasa Inggris kepada anaknya sejak usia dini. Berikut beberapa jenis tes Bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui, bahkan sangat berguna bagi Anda yang ingin melaksanakan studi dan bekerja di luar negeri.

1. TOEFL
TOEFL merupakan jenis tes bahasa inggris yang paling banyak diketahui oleh masyarakat luas dan tes ini bertujuan untuk menguji seberapa besar kemampuan bahasa inggris seseorang, terutama bahasa inggris amerika. Pada umumnya TOEFL ini digunakan untuk studi atau bekerja di luar negeri, tetapi ada juga perguruan tinggi di Indonesia yang mengharuskan calon mahasiswanya memiliki skor TOEFL untuk program pendidikan tertentu.

 

Solusi Buat Kamu yang Ingin Pintar Bahasa Inggris

Selain itu TOEFL juga dibutuhkan seseorang untuk bisa bekerja di berbagai perusahaan asing yang ada di Indonesia. TOEFL sendiri memiliki target nilai yang harus dicapai pesertanya minimal 500 dan tes TOEFL sendiri terdiri dari membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara yang disajikan dalam bentuk tes tertulis, tes berbasis komputer dengan menggunakan software, dan tes berbasis internet dengan menggunakan komputer yang tersambung ke internet.

2. IELTS
Tes IELTS ini sebenarnya hampir sama dengan tes TOEFL, karena keduanya bertujuan yang sama yakni untuk mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang. Namun yang membedakannya, bahasa inggris yang digunakan dalam tes IELTS merupakan bahasa inggris british. Selain itu terdapat beberapa negara yang membutuhkan IELTS ini seperti Australia, Inggris, dan New Zealand.

Dalam tahap tes IELTS, Anda akan dihadapkan dengan tes teori dan tes praktek dimana tes teori IELTS ini berupa tes akademik menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara. Sedangkan untuk tes prakteknya hanya berupa tes membaca dan menulis di depan tim penguji.

 

3. TOEIC
Tes TOEIC memiliki tujuan untuk mengukur seberapa besar kemampuan bahasa inggris seseorang dari level menengah hingga level akhir. TOEIC ini juga disesuaikan dengan standard bahasa inggris di seluruh dunia yang dibutuhkan untuk merekrut karyawan baru, menaikkan jabatan karyawan di suatu perusahaan, pelatihan program karyawan, promosi karyawan, serta mengukur kemampuan bahasa inggris dari siswa dan mahasiswa.

 

4. SAT
SAT merupakan tes bahasa inggris yang berupa ujian kemampuan dan keterampilan yang bisa digunakan untuk keperluan kuliah di perguruan-perguruan tinggi di Amerika dan Inggris. Tes bahasa inggris SAT ini terdiri dari 5 kategori tes, yakni tes membaca dan menulis, tes membaca, tes menulis dan bahasa, tes matematika, dan tes essai.

Ditambah lagi tes SAT sendiri hanya diberikan dalam kurun waktu 3 jam 45 menit. Anda akan dinyatakan lulus masuk ke perguruan tinggi di Amerika atau Inggris, apabila Anda berhasil memperoleh hasil tes minimal 1.600 maksimal 2.400 dari SAT.

 

5. GRE
Untuk seseorang yang hendak melanjutkan kuliah ke jenjang S2 dan S3 di luar negeri, maka terlebih dahulu mereka harus mengikuti tes GRE. Tes ini merupakan tes untuk masuk ke perguruan-perguruan tinggi yang ada di Amerika khususnya jenjang S2 dan S3 yang diberikan dalam bentuk tes membaca bacaan yang rumit serta tes menganalisa.*

Berita Terkait