Lembaga Kursus ELTI Gramedia

Jum'at, 16 Maret 2018 10:15 Kemala Adiyatma Course

Lembaga Kursus ELTI Gramedia

Miliki Beberapa Perwakilan di 12 Negara

Koropak.co.id - English Language Training International (ELTI) berasal dari English Language Training (ELT) Banbury Oxford, Inggris. Selain itu ELTI memiliki beberapa perwakilan di 12 negara didunia yaitu, Jerman, Italia, Prancis, Spanyol, Turki, Kuwait, Arab Saudi, Jepang, Malaysia, Thailand, Singapore, dan Vietnam.

Di Indonesia sendiri ELTI hadir di Jakarta pada 1981 lalu kemudian pada 1984 lalu lembaga kursus ini membuka cabangnya di kota Yogyakarta. Selanjutnya pada 1989 lalu ELTI bergabung dengan salah satu perusahaan swasta terkemuka di Indonesia yakni PT. Gramedia.

Pada 1992 lalu, ELTI Gramedia kembali membuka cabang di kota Solo, yang kemudian dilanjutkan di kota Bogor dan Purwokerto pada 2010 lalu. Seiring dengan semakin pesatnya dunia teknologi, selanjutnya ELTI Gramedia terus membuka cabangnya di kota-kota lainnya seperti Bandung, Tasikmalaya, Makassar, Pontianak, dan Denpasar dan hingga saat ini ELTI Gramedia sendiri sudah memiliki 12 cabang di 10 kota di Indonesia.

ELTI Gramedia ini berkomitmen untuk menjadi lembaga pendidikan bahasa Inggris yang menyediakan berbagai program pendidikan bahasa Inggris yang bermutu dengan menggunakan metode pengajaran komunikatif dan interaktif, serta telah teruji.

Untuk metode pengajaran yang diterapkan ELTI Gramedia ini semua programnya dirancang dengan baik dalam satu paket lengkap yang terdiri atas placement testing, pembelajaran di kelas, dan evaluasi. Sementara itu suasana nyaman dan menyenangkan juga merupakan syarat utama dalam proses belajar-mengajar dilembaga kursus bahasa inggris tersebut.

Penggunaan teaching media, kegiatan kelas yang variatif, kurikulum terprogram yang sesuai dengan kebutuhan, dan pembatasan jumlah siswa dalam kelas, merupakan upaya lembaga kursus untuk meningkatkan kesempatan siswa berkomunikasi secara maksimal dalam suasana yang menyenangkan (learning should be fun).

Ditambah lagi semua guru direkrut melalui serangkaian proses yang ketat dan pelatihan pengajaran terpadu serta inovatif. Dalam rekrutmennya juga seorang calon guru harus mengikuti tes TOEFL® dan tes Kemampuan Bahasa Inggris (English Proficiency Test), kemudian mengikuti wawancara untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggrisnya, pengetahuan tentang pengajaran bahasa Inggris, serta teknik atau pendekatan dalam mengajar.

Di ELTI Gramedia, semua guru sudah mengikuti pelatihan pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing, dan selalu diberikan juga workshop tentang hal-hal yang terkait dengan pengajaran dan non-pengajaran bahasa Inggris secara komprehensif.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa semua guru tetap memiliki kemampuan inovatif di bidang pengajaran bahasa Inggris komunikatif. Selain itu, memiliki tujuan untuk mempersiapkan para guru dalam membantu siswanya dalam berkomunikasi dengan penuh percaya diri dalam situasi-situasi nyata di luar kelas, baik secara lisan maupun secara tertulis.*