Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda

Rabu, 14 Maret 2018 11:10 Kemala Adiyatma Ponpes

Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda

Ponpes Cabang Miftahul Huda Manonjaya

Koropak.co.id - Miftahul Yaqinil Huda adalah sebuah pondok pesantren salafiah yang merupakan cabang dari Ponpes Miftahul Huda Manonjaya yang didirikan oleh Alm. K.H Khoer Affandi rahimahullah. Pesantren ini beralamat di Jalan Leuwidahu, Indihiang Kota Tasikmalaya.

Pesantren yang didirikan sekitar tahun 1897 ini terus berkembang pesat menjadi pesantren yang cukup besar. Pondok pesantren yang dipimpin oleh H. Taufiq M.A dan Hj. Ai Wasilah ini menjadi saksi kegigihan perjuangan para pendiri untuk menegakkan syariat Islam di daerah Kota Tasikmalaya.

Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil HudaKajian-kajian Islam yang dipelajari di Pondok Pesantren yang telah mengalami tiga kali perubahan nama dari Nurul Huda, Miftahul Yaqin, kemudian Miftahul Yaqinil Huda, ini beragam mulai dari ilmu Nahwu, Shorf, Tauhid, Fiqih, dan lain-lain yang semuanya mengacu pada kitab kuning karangan para ulama terkenal seperti Imam Nawawi, Syeh Ibrohim Al Bajuri.

Selain itu, Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda juga memiliki sistem pendidikan yang diklasifikasikan dalam tujuh kelas utama sesuai dengan kemampuan santri dalam bidangnya. Selain kelas utama, ada juga kelas Ibtida/pemula yakni TK Miftahul yaqinil Huda. Sebagai lembaga pendidikan, tentunya Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda juga ingin menjadi sebuah wadah yang dapat menegakkan ilmu dengan penuh keikhlasan, selaras dengan motto Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda yakni "Al-Ilmu bittaklim wal 'amal bil-ikhlas". Prinsip ini tetap dipertahankan hingga kini dan dibuktikan dengan adanya berbagai aturan kedisiplinan yang baik dan tetap ikhlas.*